Foto: Motegi

MotoGP 2021 Digelar di Indonesia, Yuk Intip Persiapannya

Tahun 2021 mendatang, Indonesia dipastikan jadi salah satu tuan rumah yang menggelar balapan motor MotoGP. Sirkuit balapan Mandalika, di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan jadi lokasi balapan motor bergengsi dunia itu.

Dua tahun lagi, warga Indonesia bisa menyaksikan langsung balap motor paling wahid di dunia, langsung di depan mata. Direktur utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer mengonfirmasi telah menandatangani kontrak dengan Dorna Sports S.L., penyandang resmi lisensi penyiaran MotoGP,

BACA JUGA: Bagaimana Jika Rossi Pensiun dari MotoGP?

“Kami telah menandatangani kontrak dengan Dorna bulan Januari. Brasil adalah kompetitor lainnya, tapi akhirnya kami memenangkannya. Kami akan mempersiapkan arena balapan dengan membangun sirkuit,” ungkap Abdulbar seperti dikutip dari coconuts.co.

Kemungkinan Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP selama tiga tahun, namun detail kontrak tersebut belum diumumkan secara resmi.

Lintasan sepanjang 4,3 kilometer untuk arena balap motor ditetapkan akan segera dibangun di Sirkuit Mandalika, di ibu kota Nusa Tenggara Barat, Lombok. Dibangunnya sirkuit balapan MotoGP tersebut disebut dapat menarik wisatawan internasional untuk datang mengunjungi Indonesia, khususnya Lombok.

“Tiap balapan membutuhkan waktu sekitar empat hari, karena ada tahapan kualifikasi dan Moto2 juga. Jika ada sekitar 100.000 penonton setiap hari, dan 150.000 orang pada hari terakhir, maka kami mengharapkan sekitar 300.000 pengunjung (di Mandalika),” ungkap Abdulbar.

BACA JUGA: Soal Insiden Kecelakaan di MotoGP Spanyol, Marquez Sindir Rossi

Untuk dapat mencapai harapan tersebut, biaya mahal tentu harus digelontorkan. Menurut Forbes, biaya total per tahun untuk menyulap sirkuit jalanan menjadi trek sekelas Formula 1 mencapai total 57,7 juta Dolar AS atau setara dengan 807 miliar Rupiah.

Perusahaan konstruksi asal Prancis, Vinci Construction telah memenangkan tender dan mulai Oktober 2019 disebut akan mulai membangun arena balapan di lokasi seluas 131 hektar di sekitar Mandalika, kawasan bisnis di sebelah selatan Lombok. []

SUMBER: CNN INDONESIA


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Akankan Mou Sukses di Spurs?

Tujuannya jelas: mengarahkan klub kembali ke empat besar dalam jangka pendek dan, selama 18 bulan ke depan, mendapatkan beberapa trofi. Bisakah Mou?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *