Unik, Informatif , Inspiratif

Motor Matic, Ini 4 Kelebihannya

0

Kita bisa melihat bahwa motor matic semakin hari semakin banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Asal tahu saja, di awal kemunculannya, motor ini banyak dicibir karena dianggap lebih berbahaya. Ya ini karena saat itu, engine brake motor matic masih minim dan jelas konsumsi bahan bakarnya boros.

Tapi ternyata, motor matic juga punya beberapa kelebihan lho. Apa saja?

1. Kinerja transmisi otomatis

Keunggulan utama yang dimiliki oleh motor matic adalah tidak adanya perpindahan transmisi seperti motor bebek atau sport manual. Pengendara tinggal ngegas tanpa perlu repot oper gigi seperti manual.

Dengan begini, pengendara hanya tinggal mengatur laju dan kecepatan motor yang sedang dikendarai.

2. Konsumsi bahan bakar kian irit

Motor matic diharapkan sebagai motor yang hemat BBM. Tetapi pada kenyataannya, motor matic cenderung lebih boros jika dibandingkan dengan motor bebek.

Namun itu dulu, karena pabrikan sepeda motor berusaha agar konsumsi bahan bakar pada skutik semakin irit tanpa harus mengorbankan performa.

Untuk skutik keluaran terbaru, konsumsi bahan bakarnya setara dengan motor bebek atau motor sport dengan kapasitas mesin yang sama. Sebagai perbandingan, skutik dengan motor bebek bermesin 125 cc konsumsi bahan bakarnya berkisar 45-50 km/liter.

3. Kapasitas angkut barang makin besar

Motor matic sering disebut sebagai motor keluarga. Memang dari segi pemakaian motor matic cenderung lebih mudah digunakan oleh siapa saja termasuk para ibu rumah tangga dan anak.

Saat skutik mulai naik daun, ukurannya masih ramping dengan bagasi kecil dan dek sempit. Pada perkembangannya, skutik kini bisa menggantikan peran motor bebek secara keseluruhan. Skutik keluaran terbaru bagasi di bawah jok cukup besar, bahkan bisa menyimpan helm half face.

Kemudian desain dek, ukurannya lebih lega sehingga bisa membawa barang di bagian ini. Untuk mendukung utilitas sehari-hari, pastinya rangka dek sudah semakin kuat apabila menopang barang. Ini membuat fungsi motor metik semakin diandalkan untuk motor keluarga.

4. Motor metik bobotnya relatif ringan

Sekalipun motor matic ukurannya terlihat bongsor-bongsor, pada kenyataannya dari bobot kendaraan termasuk ringan. Bila dibandingkan dengan motor bebek era 2000-an yang tangguh, jelas motor bebek pada umumnya memiliki volume yang lebih berat.

Itulah mengapa motor metik juga disukai kalangan perempuan. Munculnya motor matic pada awalnya memang menjadi angin segar untuk para wanita yang ingin memiliki kendaraan bermotor, lho.

Nah, tertarik punya motor matic? []

Sumber: Carmudi Indonesia


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.