MSG Bisa Membuat Tubuh Anda Gemuk?

MSG Bisa Membuat Tubuh Anda Gemuk?

INSPIRADATA. MSG Monosodium glutamate adalah kandungan zat yang sering terkandung dalam makanan. Fungsi MSG dalam suatu makanan salahasatunya adalah menciptakan rasa gurih. Tapi tahukah Anda? Jika MSG bisa membuat tubuh Anda gemuk?

Rasa gurih yang terdapat dalam MSG ini membuat kita seringkali ketagihan untuk terus makan tanpa dapat dikontrol. Hal ini dapat menyebabkan kegemukan. MSG ini diproses melalui fermentasi dari tetes-gula (molases) oleh bakteri (brevi-bacterium lactofermentum). Dalam peroses fermentasi ini, pertama-tama akan dihasilkan asam glutamat. Asam glutamat yang terjadi dari proses fermentasi ini, kemudian ditambahkan soda (sodium carbonate), sehingga akan terbentuk monosodium glutamat.

Bagaimanapun, hingga saat ini, hubungan antara penggunaan MSG dan kenaikan berat badan belum pernah dilakukan pada manusia. Suatu penelitian yang telah dipublikasikan bulan ini di Journal Obesity telah mengubah pendapat tersebut. Penelitian di Tiongkok menilai hubungan antara penggunaan MSG dan body mass index (BMI) pada 752 pria dan wanita berusia 40-59 tahun.

Para peneliti membagi peserta menjadi 3 grup berdasarkan pemakaian MSG. Hasilnya, jika dibandingkan antara mereka yang mengonsumsi MSG dengan kadar rendah dengan mereka yang mengonsumsi kandungan MSG tinggi, didapati yang mengonsumsi MSG kadar tinggi mengalami kenaikan berat badan sebesar 2,75 kali dengan kadar BMI lebih dari 25.

Ada beberapa macam penjelasan mengenai hubungan konsumsi MSG dan meningkatnya berat badan. Dua hal yang paling jelas adalah, bagaimana MSG dapat membuat seseorang mengonsumsi lebih banyak makanan dan menjadikan seseorang mengurangi aktivitasnya?

Dalam riset ini, peneliti memperhitungkan faktor-faktor potensial tersebut. Artinya ada hubungan antara konsumsi MSG dan meningkatnya berat badan merupakan faktor-faktor yang berdiri sendiri. Yang dapat kita lihat dari penelitian ini adalah MSG ‘pada bagian glutamat’ kemungkinan memiliki satu atau lebih efek metabolisme bagi tubuh yang mungkin mempengaruhi kenaikan berat badan para konsumen.

Seperti yang terjadi pada hewan yang mengonsumsi MSG menunjukkan pengaruh berbagai macam perubahan yang menaikkan akumulasi jumlah lemak, termasuk menekan lipolisis (penghancur sel-sel lemak di tubuh).

Sumber: Ceriwis


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *