Peluang Jokowi di Pilpres 2019 Sangat Sulit
Peluang Jokowi di Pilpres 2019 Sangat Sulit

Muchtar Effendi: Peluang Jokowi di Pilpres 2019 akan Sangat Sulit

INSPIRADATA. Muchtar Effendi Harahap selaku Peneliti Senior Network for South East Asian Studies, mengatakan Jokowi akan sulit menang kembali dalam Pilpres 2019 mendatang. Ada beberapa alasan mendasar mengapa dirinya menyatakan demikian.

“Parpol pendukung Jokowi sangat mungkin gagal mempengaruhi massa pemilih mereka untuk mendukung Jokowi. Mengapa? Mesin parpol tidak akan bekerja efektif dan mendulang suara pemilih maksimal untuk Jokowi,” ujarnya, seperti dilansir dari Republika.co.id, Ahad (28/5).

Selain itu, lanjut muchtar, belakangan ini Jokowi selalu diserang isu sara, sehingga muncul anggapan rezim saat ini kerap mengkriminalisasi aktivis dan ulama Islam. “Hal itu akan diperkuat lagi apabila PPP dan PKB selaku parpol Islam tidak mendukung resmi Jokowi,” katanya.

Muchtar pun menganggap rezim Jokowi hingga menjelang tiga tahun jabatan, dinilai belum mampu dan berhasil merealisasikan janjinya semasa kampanye.

Kemudian, lanjut Muchtar, kian kemari, elektabilitas parpol pengusung utama Jokowi yakni PDIP mengalamai kemorosotan. Pasalnya, terbukti dengan kegagalan partai mempertahankan kekuatan di sejumlah daerah melalui Pilkada, terutama di daerah Banten dan DKI.

Berdasarkan asumsi di atas, Muchtar menilai langkah Jokowi untuk maju kembali pada Pilpres 2019 mendatang akan sangat sulit. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *