, Mudah Baper? Ikuti Cara-cara Ini!
Unik, Informatif , Inspiratif

Mudah Baper? Ikuti Cara-cara Ini!

0

Baper atau Bawa Perasaan merupakan istilah kekinian yang menggambarkan salah satu sifat manusia yang mudah merasa terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya. Baper dapat diartikan pula seseorang dapat dengan mudah tersentuh, mudah tersakiti atau dimasukkan ke hati segala ucapan yang didengar pelakunya.

Baper sangat berdekatan dengan sifat marah. Sedangkan seperti yang diketahui bahwasanya Marahdalam islam tidak dianjurkan. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, seorang lelaki berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berilah aku wasiat.” Beliau menjawab, “Janganlah engkau marah.” Lelaki itu mengulang-ulang permintaannya, (namun) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (selalu) menjawab, “Janganlah engkau marah.” (HR. Bukhari) [HR. Bukhari, no. 6116]

Sebagai seorang muslim diharapkan untuk dapat menahan amarah sebab banyak mudharat yang bisa ditimbulkannya. Seperti permusuhan, perkelahian, kriminalitas dan lain sebagainya.

Berikut ini cara-cara agar tidak mudah baper

1.Bedakan Antara Hal Candaan dan Serius

Terkadang kita akan merasa sakit hati jika teman atau keluarga bercanda tentang kita. Jadi, jangan langsung menganggap setiap hal yang kita dengar sebagai sesuatu yang serius.

2. Tidak Mudah Tersinggung

Mudah tersinggung dapat menyakiti diri sendiri. Oleh karena itu, hindari terlalu merasa hingga ke dalam hati terhadap ucapan orang lain. Bila memang ada orang lain yang membicarakan kita, ada kalanya cukup dengarkan dan abaikan.

Allah Ta’ala berfirman: “Tolaklah (kejelekan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia.” (QS. Fushilat: 34-35).

Daripada terus mengumpat karena rasa tersinggung. Akan lebih baik jika kita berdzikir atau menyebutkan alhamdulillah untuk menenangkan hati. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.