Unik, Informatif , Inspiratif

Mudah Putus Asa? Ini Dia Cara Mengatasinya

0

Salah satu penyakit hati yang ada dalam diri kita adalah mudahnya putus asa.

Namun, putus asa sebenarnya tergantung dari diri kita sendiri. Kita dapat menghilangkan penyakit ini didalam diri kita. Yaitu dengan cara selalu berusaha berdoa kepada Allah SWT. Serumit apapun masalah yang kita hadapi Insyaa Allah akan terhadapi dengan mudah.

Berikut adalah cara agar kita tidak mudah berputus asa :

1. Berpikir positif (husnudzan).

Husnudzan terbagi menjadi tiga yaitu:
– Husnudzan kepada Allah (QS. Al Baqarah: 155-157)
Ketika kita di uji yakinlah bahwa inilah yang terbaik dan kembalikanlah semuanya kepada Allah sehingga Allah akan memberikan rahmat dan ampunan-NYA kepada kita.

– Husnudzan terhadap diri sendiri
Berpikirlah positif
Maka dari itu positif thinking itu sangatlah di perlukan untuk membangun semangat pada diri. Dan tentu saja harus yakin bahwa Allah memberikan ujian tidak akan melampaui kemampuan hamba-NYA dan yakin bahwa kita mampu menjalaninya.

– Husnudzan terhadap orang lain
Berpikirlah dengan cara yang baik terhadap lorang lain. Kita dilarang su’udzan, dilarang bergosip, dilarang menghina, dan tidak boleh memanggil dengan kata yang buruk.

2. Ridha atas apa yang Allah berikan

Ketika di uji hal pertama yang harus di lakukan adalah Ridha atau Menerima.

Rasulullah sallalahu’alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah menguji hamba dengan rizki yang di berikan kepadanya, jika ia ridha maka Allah akan memberkahi dan meluaskan pemberiannya dan jika ia tidak ridha maka Allah tidak akan memberikan berkah.” (HR. Ahmad).

3. Selalu tawakkal (QS. Ali Imran: 159)

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan baginya jalan ke luar (bagi semua urusannya). Dan memberinya rezki dari arah yang tidada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)nya” (QS ath-Thalaaq:2-3).

Setidaknya Ada empat unsur dalam mengamalkan Tawakkal, yakni :
1. Ikhtiar
2. Do’a
3. Syukur
4. Sabar

4. Mau bekerja sama atau tolong-menolong

Ketika kita mempunyai masalah atau pekerjaan sabaiknya kita membuka diri kita, kita butuh patner karena kita sebagai manusia harus saling tolong menolong dalam mengerjakan kebaikan dan ketakwaan.

5. Perbanyak do’a dan dzikir

Ketika kita berputus asa salah satunya karena kita kurang berdzikir dan berdoa, maka perbanyak lah berdzikir kepada Allah.
Sesungguhnya dengan banyak mengingat Allah hati akan menjadi tenteram.

maka dari itu kita harus terapkan lima cara diatas tersebut agar kita tidak mudah putus asa.[]

SUMBER: PERCIKANIMAN


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.