foto: Republika

Muhammadiyah Sebut Indonesia Bisa Jadi Pelopor Perayaan Tahun Baru Religius

PP Muhammadiyah beranggapan Indonesia bisa jadi pelopor negara yang rayakan pergantian tahun baru dengan kegiatan religius.

PP Muhammadiyah pun mengimbau masyarakat memilih meramaikan tempat ibadah masing-masing untuk perayaan pergantian tahun baru.

BACA JUGA: Capres Cawapres Diundang Tes Baca Qur’an, PP Muhammadiyah Tak Setuju

“Kita jadikan sebagai momentum untuk mengembangkan tradisi dan budaya baru di dunia. Jadi, Indonesia menjadi pelopor religus di dunia dalam pergantian tahun,” kata Ketua bidang Ekonomi, Kewirausahaan, dan UMKM PP Muhammadiyah Anwar Abbas, Senin (31/12/2018) lansir Republika.

Anwar mengusulkan, Indonesia sebagai bangsa beragama sebaiknya merayakan pergantian tahun dengan meramaikan tempat ibadah, seperti masjid, gereja, pura, vihara, kapel, klenteng. Dengan demikian, Indonesia bisa memberikan contoh pada dunia ihwal cara merayakan tahun baru dengan gaya berbeda.

“Bisa nggak Indonesia memberikan contoh ke dunia, jadi jangan hanya kita ngikutin dunia. Kan selama ini seakan-akan kita ngikuti tren dunia,” ujar dia.

Dia mengusulkan acara yang biasa diadakan dengan hura-hura dan besar-besaran, dapat beralih dengan meramaikan tempat ibadah. Sebab, hal itu tidak ada di belahan dunia manapun.

“Ini kita ekspos ke dunia. Akhirnya negeri kita menjadi teladan bagi masyarakat bangsa dan dunia,” kata Anwar.

BACA JUGA: Pemuda Muhammadiyah: Gunakan UU Perlindungan Anak, Penghina Presiden Tidak Otomatis Bebas

Tidak menutup kemungkinan, perayaan malam pergantian tahun di Indonesia menarik minat wisatawan mancanegara. Apalagi, saat ini Indonesia sedang menggalakkan wisata religi dan halal.

“Itu bisa menarik (wisatawan asing), objek wisata tersendiri,” ujar dia.

Karena itu, menurut dia, tidak ada salahnya jika Indonesia menciptakan tren religius dalam momentum akhir tahun. Indonesia bisa menjadi pelopor pembuat budaya baru perayaan tahun baru.[]

SUMBER: REPUBLIKA


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

tukang becak

Dipenjara, Tukang Becak Ini Dapat Donasi Rp 700 Juta Lebih

Akibat kecelakan itu, nyawa penumpang tidak tertolong dan akhirnya meninggal 15 menit setelah tiba di rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *