Gedung MUI

MUI: Jangan Politisasi Poligami, Bisa Lukai Umat Islam!

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta tidak ada politisasi isu SARA untuk kepentingan politik. Secara khusus, ia menyoroti isu poligami yang tengah mengemuka.

Beberapa waktu lalu, Partai Solidaritas Indonesia menyatakan menolak poligami. Partai baru itu juga ingin merevisi UU Perkawinan, sehingga menutup peluang poligami.

BACA JUGA: MUI: Poligami Salah Satu Tuntunan Syariat Islam

Menurut Zainut Tauhid, poligami merupakan fenomena sosial yang tidak bisa dimungkiri. Hal itu juga bersentuhan dengan keyakinan dan syariat agama Islam, yang jika disinggung maka akan melukai umat Islam.

“Ketika hal itu dieksploitasi untuk kepentingan politik maka dipastikan menimbulkan ketersinggungan dan melukai perasaan umat Islam,” kata Zainut lewat keterangan tertulis diterima, Selasa (18/12/2018).

Ia menerangkan, dalam pemahaman umat Islam, poligami adalah sebuah hal yang diyakini dan diimani bahwa memiliki istri lebih dari satu adalah salah satu syariat yang terdapat dalam ajaran Islam.

BACA JUGA: PSI Sebut Prabowo Tidak Pernah Tobat

Namun, saat hal itu sudah dipolitisasi, poligami bisa menjadi isu yang membenturkan, memecah belah persatuan dan kesatuan antar keyakinan.

“Hal itu rentan menimbulkan konflik dan mengganggu harmoni kehidupan antar umat beragama,” jelas dia. []

SUMBER: LIPUTAN6


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *