Foto: SDLematangLestari.sch.id

Mulai Tahun Ajaran Baru, Siswa SD Wajib Nyanyikan Indonesia Raya

Foto: SDLematangLestari.sch.id

Pemerintah bakal menerapkan pendidikan karakter untuk siswa SD (Sekolah Dasar). Salah satu agendanya yakni mewajibkan seluruh siswa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya setiap hari.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam acara pendeklarasian pendidikan karakter jenjang SD di Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (27/04/2017).

Menurut Muhadjir, pendidikan karakter dimulai pada tahun ajaran baru 2017/2018.

“Penguatan pendidikan karakter penting ditanamkan sejak usia SD. Penanaman karakter menjadi dasar untuk membentuk kepribadian yang baik di masa mendatang,” terang Muhadjir, seperti dilansir laman metronews.com.

Selain itu, pendidikan dasar pada tahun ajaran baru aakan menerapkan pola pembelajaran delapan jam selama lima hari sekolah. Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan pihaknya akan menerbitkan surat edaran untuk pemberlakuan sistem itu.

“Selain itu, siswa juga harus belajar menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri maupun orang lain,” ujar Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan porsi pendidikan karakter untuk siswa SD sebesar 70 persen. Sedangkan porsi pendidikan karakter untuk siswa SMP yaitu 60 persen.

“Jam belajar untuk beberapa mata pelajaran umum akan dikurangi dan lebih banyak menempatkan porsi untuk membentuk karakter siswa,” pungkas Muhadjir. []

SatuMedia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *