Muliakan Tetangga, Sebab Ini Kedudukannya dalam Diri Rasul
Foto: LDS.org

Muliakan Tetangga, Sebab Ini Kedudukannya dalam Diri Rasul

Lingkungan di rumah memang tidak selalu sejalan. Ada saja masalah yang muncul. Bila tidak dari saudara dekat ya dari tetangga. Tidak sedikit juga yang antar tetangga berselisih paham bahkan sampai tidak akur.

Kurangnya pemahaman orang-orang terdekat menjadi penyebab utama. Namun, meski ulah tetangga kita cukup menjengkelkan tapi ternyata Rasulllah Shalalalhu ‘alaihi wasallam menyuruh kita untuk berbuat baik pada tetangga lho.

BACA JUGA: Tetangga Sebelah Bilang Hantu Itu Benar-benar Ada

Bahkan, Rasulullah Shalalalhu ‘alaihi wasallam memposisikan tetangga pada kedudukan yang sangat tinggi di dalam dirinya.

Beliau bersabda, “Jibril senantiasa berwasiat kepadaku tentang tetangga hingga aku mengira bahwa tetangga akan menjadi ahli waris,” (Muttafaq alaih).

Sampai pada makanan pun Beliau menyuruh kita untuk berbagi pada tetangga meski hanya sedikit.  Rasulullah Shalalalhu ‘alaihi wasallam berwasiat kepada Abu Dzarr RA, “Wahai Abu Dzarr, jika engkau memasak gulai maka perbanyaklah kuahnya, dan bagikan kepada tetanggamu,” (HR. Muslim).

BACA JUGA: Sembilan Pemuda Asal Aceh Menjadi Imam di Negeri Tetangga

Beliau juga memperingatkan agar kita tidak mengganggu tetangga. Sebab Sabda Rasulullah Shalalalhu ‘alaihi wasallam, “Tidak masuk surga siapa yang tetangga tidak aman dari gangguannya,” (HR. Muslim)

Sampai dikatakan baik pada tetangga ialah salah satu batasan jika seseorang tersebut beriman pada hari akhir. Rasulullah Shalalalhu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah berbuat baik kepada tetangganya,” (HR. Muslim). []

Sumber: Suatu Hari di Rumah Rasulullah/Karya: Abdul Malik al Qasim/Penerbit: Daarul Qaasam


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *