Foto: Viral4Real

Muncul Awan Aneh Berbentuk Bulat di Jepang, Pertanda Apa Itu?

Foto: Viral4Real

INSPIRADATA. Serangkaian foto yang diunggah ke media sosial Twitter menjadi viral, potret itu menunjukkan awan berbentuk bola muncul di atas kota Fujisawa—sebelah selatan Tokyo. Apakah itu sebenarnya?

Seorang netizen dengan akun @pmxpvrtmx melihat fenomena aneh tersebut, kemudian ia memotret awan itu.

“Ketika aku melihat keluar dari jendela mobil, aku melihat awan berbentuk bola bulat. Aku menatap awan itu untuk sementara waktu, kemudian bergegas mengambil fotonya,” tulis akun @pmxpvrtmx (Poppy) kepada kantor berita lokal Jepang, Rocket News 24.

“Ketika saya melihat awan itu menjadi lebih bulat, saya menyesal tidak mengambil foto dengan lebih cepat,” tambahnya.

Beberapa peneliti menyebut bola awan dari Fujisawa itu sebenarnya roll cloud-jenis langka. Pembentukan awan horisontal rendah, biasanya muncul sebagai akibat dari arus udara dingin, dan terkait dengan badai.

Tapi jika Anda melihat contoh dari ‘roll cloud’ dalam video di atas, gulungan awan sering muncul seperti silinder, bukan bulat seperti yang terlihat dalam foto tersebut.

Fenomena alam itu, rupanya bukan pertama kalinya muncul dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2015, akun @NicoSpqy9ba9 (Nico) menunjukkan fenomena serupa di tempat lain di Jepang. []


Artikel Terkait :

About Ari Cahya Pujianto

Hanya Pemuda Akhir Zaman yang Terus Memperbaiki Diri

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *