helm, Murah dan Dijamin Bebas Bau, Begini Cara Bersihkan Helm di Rumah
Unik, Informatif , Inspiratif

Murah dan Dijamin Bebas Bau, Begini Cara Bersihkan Helm di Rumah

0

HELM jadi barang yang wajib dimiliki para pengendara motor. Helm punya peran penting dalam melindungi keselamatan para pengguna motor, terutama bagian kepala saat terjadi kecelakaan.

Nah, masalahnya helm biasa menjadi bau dan kotor saat musim hujan seperti saat ini. Namun Anda tak perlu khawatir kesulitan saat membersihkan helm kesayangan tanpa harus pergi ke tempat cuci helm.

BACA JUGA: Doyan Touring Pakai Motor? 6 Komponen Ini Wajib Diperhatikan

Bagi Anda yang ingin membersihkan helm, bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Berikut caranya:

Pertama, yang dilakukan copot semua padding helm.

Termasuk padding utama alias busa bagian atas. Tak tertinggal, padding atau busa di pipi kiri-kanan. Jangan sembarang melepas padding. Agar tidak rusak bahkan robek, perhatikan kancing-kancingnya.

Kedua, siapkan air hangat secukupnya untuk keperluan merendam padding. Lalu, siapkan ember, sabun atau sampo serta sikat gigi halus untuk menyikat padding helm yang kotor.

Kini, dalam air hangat di ember, campurkan sampo secukupnya dan aduk rata. Setelah itu, masukkan semua padding ke dalam ember. Tunggu 5-10 menit, supaya kotoran rontok dan kuman mati.

Setelah 10 menit dan air sudah mulai dingin, ambil padding yang ada. Gosok menggunakan sikat gigi bekas. Langkah ini, bertujuan untuk menghilangkan noda atau kotoran.

Sehingga, bisa bikin padding kembali kinclong. Setelah itu, rendam dengan air dingin menggunakan ember lainnya. Ini menghindari kotoran akan mengendap di padding lagi.

BACA JUGA: Busi Racing Dipakai untuk Motor Harian, Ini Dampak Buruknya

Berikutnya keluarkanlah, lalu jemur di panas matahari, jangan jemur pas cuaca mendung apalagi hujan ya. Sebaiknya, padding basah itu jangan langsung diperas. Sebab akan merusak busa dalamnya dan bikin kempes lagi.

Setelah kering, pasang kembali seperti di tempat semula dan berikan pewangi helm ke busa. Kini, helm pun tak bau apek dan siap digunakan buat kembali saat mengendarai motor kesayangan Anda. []

SUMBER: 100KPJ


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.