Unik, Informatif , Inspiratif

Musim Penghujan, BMKG Minta Warga Waspada

0 20

Dalam sebuah acara pers, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau dan menganalisis curah hujan mencatat sebagian wilayah Jawa telah diguyur hujan selama beberapa pekan terakhir. 

BMKG menganalisis potensi hujan lebat hingga lima hari ke depan di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA: Hujan Sepekan, Banjir Saudi Telan 5 Orang Korban Jiwa

“Waspada potensi banjir dan longsor,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo.

Dampak dari lebatnya hujan ini akan mengakibatkan banjir, dan longsor.

Dalam pantauan BMKG ada fenomena alam sirkulasi angin tertutup di Laut Jawa yang terus berlangsung hingga tiga hari ke depan. Akibat dari fenomena ini akan terbentuknya daerah pertemuan angin di sepanjang Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara Timur.

“Kondisi cuaca seperti itu memberikan dampak pada peningkatan pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut,” ujar Mulyono.

BMKG juga menjelaskan ada hal lain yang mendukung turunnya hujan yaitu adanya aliran massa udara basah yang masuk dari Samudera Hindia.

BACA JUGA: Ini Kata BMKG Terkait Penyebab Penurunan Suhu di Indonesia

Aliran ini mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera bagian selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Tenggara serta Maluku.

BMKG meminta masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak lanjutan yang dapat ditimbulkan kondisi cuaca tersebut seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.[]

SUMBER: TEMPO.CO

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline