Gatot Nurmantyo

Nama Gatot Nurmantyo Muncul Sebagai Capres 2019 dalam Lembaga Survey IPI

INSPIRADATA. Pemilihan Presiden 2019 masih lama digelar, namun beberapa lembaga survey sudah memunculkan beberapa nama yang digadang-gadang akan maju dalam Pilpres 2019. Salah salu lembaga tersebut adalah Islamic Politician Index (IPI). IPI memunculkan beberapa nama, dan salah satunya yang muncul adalah Panglima TNI, Gatot Nurmantyo.

Muchtar Effendi Harahap selaku pengamat politik Network for South East Studies mengatakan ada beberapa kriteria minimal untuk membuka peluang Gatot untuk maju di Pilpres 2019. Salah satunya adalah dukungan parpol.

“Jika diberlakukan presidential threshold maka peluang Gatot hanya pada dukungan Demokrat,” ujar Muchtar, seperti dilansir Republika.co.id, pada Sabtu (27/5).

“Bagi Gatot pasti masalah jika persyaratan dengan model presidential threshold, berdasarkan jumlah pemilih pileg atau anggota DPR sekitar 20 persen. Kalau hanya 5 persen suara, tentu Gatot akan berpeluang dari kriteria dukungan parpol ini,” imbuh Muchtar.

Muchtar menambahkan, peluang Gatot juga ditentukan dari kelompok politik ekonomi atau kelompok yang memiliki sokongan sumber daya ekonomi yang kuat untuk pembiayaan politik kampanye.

“Dari kriteria dukungan kelompok politik ekonomi atau kekuatan raksasa khususnya bidang pendanaan, saya hanya melihat dukungan grup SBY atau grup Cendana,” katanya.

Selain itu popularitas dan elektabilitas Gatot pun perlu ditingkatkan jika ingin peluang menjadi Presiden terbuka lebar. “Dari dukungan segmen pemilih tentu popularitas Gatot belakangan ini cukup membantu, begitu juga mungkin elektabilitas Gatot,”

Jika dibanding dengan 2 nama yang muncul, yakni Presiden Partai Keadilan Sejahter dan Ketua Perindo, Muchktar mengatakan popularitas Gatot lebih tinggi dan positif ketimbang keduanya.

Peneliti senior Network for South East Studies tersebut menegaska bahwa sampai saat ini Gatot berpeluang menjadi Capres atau Cawapres jika didukung oleh kelompok SBY. Karena kelompok Cikeas lumayan memiliki banyak pengaruh. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *