Unik, Informatif , Inspiratif

Nama Munir di Jalan Sepeda Belanda

0

Nama pejuang hak asasi manusia (HAM) asal Indonesia, almarhum Munir Said Thalib atau Munir diabadikan sebagai salah satu nama jalan oleh Pemerintah Kota Den Haag di Belanda.

BACA JUGA: AS Keluar dari Dewan HAM PBB

Jalan tersebut bernama Munirpad yang diresmikan pada 14 April 2015 oleh Wali Kota Den Haag.

Nama Munirpad, akan di letakkan di sebuah jalan sepeda yang berada dalam komplek nama-nama pejuang HAM dunia. Seperti Marthin Luther King, Nelson Mandela, Salvador Allende dan Bunda Theresa.

“ini luar biasa ketika negara yang selama ini menjadi pusat peradilan internasional nama Munir diabadikan di sana,” ujar Istri Munir, Suciwati, Ahad (11/4/2015).

Pengabadian nama Munir di Den Haag, menurut Suciwati, merupakan warning bagi Indonesia. Karena itu, Suciwati mengharapkan kepada semua elemen masyarakat Indonesia untuk mendorong pemerintah melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran HAM. Kejahatan HAM, Suciwati menegaskan, tidak akan pernah selesai.

BACA JUGA: Kontroversi Larangan Penutup Muka di Belanda

Pemberian nama jalan ini, menurut Suciwati memang sudah dijanjikan oleh Wali Kota Den Haag. Janji itu terjadi ketika, Suciwati datang ke Belanda untuk menyaksikan film tentang HAM pada tahun 2011 lalu.

Suciwati, ikut meresmikan secara langsung nama jalan Munirpad di Den Haag, Belanda bersama Wali Kota Den Haag. Di samping meresmikan nama jalan Munirpad, Suciwati juga menjadi pembicara terkait pekerjaan suaminya dalam memperjuangkan HAM. []

SUMBER: GOODNEWSFROMINDONESIA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.