Foto: tribun

Nama Yusaku Maezawa Viral Seketika di Dunia Berkat Lukisan Ini, Siapa Ia?

INSPIRADATA. Rp 1,48 triliun atau US$ 110,5 juta, adalah angka yang sayang untuk dibelikan yang bisa dibilang sepele. Tapi tidak untuk pria asal Jepang ini, namanya menjadi terkenal hampir di seluruh dunia setelah membeli lukisan karya seniman Jean-Michel Basquiat dengan angka tersebut.

Ialah Yusaku Maezawa yang membeli dan menjadikan lukisan Basquiat mencapai rekor harga lelang tertinggi di abad ke-20 untuk lukisan pelukis AS dalam acara lelang di New York, Kamis (18/05/2017) malam.

Lalu, siapa Maezawa sebenarnya?

Seperti yang dilansir laman Forbes oleh Tribunnews, Maezawa adalah pengusaha berusia 41 tahun asal Chiba, Jepang. Dia bukan pemain baru. Namanya telah dikenal sebagai salah satu kolektor lukisan dunia.

Dalam wawancara itu, Maezawa mengaku sudah mulai mengoleksi lukisan sejak sekitar 10 tahun lalu. “Khususnya, saya sangat menyukai karya seni kontemporer,” kata Maezawa.

Forbes memperkirakan, kekayaan Yusaku Maezawa saat ini mencapai angka US$ 3,6 miliar atau sekitar RP 47,88 triliun. Pria kelahiran 22 November 1975 itu mengawali bisnisnya dengan mendirikan perusahaan bernama Start Today di tahun 1998.

Kemudian, dia membangun usaha penjualan pakaian dalam jaringan (online), lewat situs Zozotown di tahun 2004. Maezawa kini menduduki peringat ke-14 sebagai orang terkaya di Jepang.

Dengan kekayaan sebesar itu, maka hobinya untuk mengumpulkan karya seni berharga “selangit” pun bisa dilakukan dengan mudah. Tahun lalu saja, dia menghabiskan uang sekitar 80 juta dollar AS, atau setara Rp 1 triliun, “hanya” untuk membeli dua buah karya seni.

Salah satu lukisan yang dibelinya tahun lalu itu juga merupakan buah karya Basquiat. Harga untuk lukisan potrait itu adalah US$ 57 juta. Kala itu, nama Maezawa pun menjadi buah bibir karena mencatat rekor penjualan tertinggi.

Satu lukisan lain yang dibelinya tahun lalu adalah karya Pablo Picasso “Buste de Femme” (Dora Maar). Dia membeli lukisan itu di New York pada bulan November 2016, seharga US$ 22,3 juta atau kira-kira Rp 300 miliar. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *