NASA Meluncurkan Balon Udara di Selandia Baru

NASA Meluncurkan Balon Udara Raksasa, Ada Apa?

INSPIRADATA. Baru-baru ini sebuah balon udara berukuran besar diluncurkan oleh Badan Aeronautika dan Antarika Amerika Serikat (NASA). Peluncuran balon udara ini dilakukan di Selandia Baru, dan rencananya akan mengudara di antariksa pada Rabu, setelah sebelumnya gagal diluncurkan karena gangguan topai dan badai. Demikian disitat dari Brilio, Senin (22/5/2017).

Balon udara yang dirancang oleh NASA ini dapat mendeteksi partikel energi kosmik yang sangat tinggi dari luar galaksi. Setelah melewati bumi, balon udara tersebut direncanakan dapan mengelilingi planet sebanyak dua atau tiga kali.

“Asal partikel-partikel ini adalah misteri besar yang ingin kami pecahkan. Apakah mereka datang dari lubang hitam besar di pusat galaksi-galaksi? Bintang-bintang sangat kecil yang berputar cepat? Atau tempat lainnya?” kata Angela Olinto, profesor dari University of Chicago dan ketua peneliti dalam proyek itu.

Angela menambahkan, peluncuran balon udara tersebut hanya awal dari tahapan penyelidikan yang nantinya akan menjadi misi antariksa yang sedang dirancang NASA.

Balon berukuran 532.000 kubik tersebut diluncurkan di Wanaka, sebuah daerah di Selandia Baru, nantinya akan mengumpulkan data antariksa dengan ketinggian 34 kilometer di atas bumi. Selandia Baru memang merupakan pangkalan program balon ilmiah NASA tahun 2015 dan 2016. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *