suara menyeramkan
Foto: nasa

NASA Rilis Rekaman Suara Menyeramkan Antariksa, Begini Suaranya

Setiap tanggal 31 Oktober 2017, masyarakat di Amerika Serikat dan Eropa kerap membuat perayaan Halloween. Perayaan ini identik dengan segala hal bertemakan hantu.

Seperti ikut merayakan, Badan Antariksa dan Penerbangan Amerika Serikat (NASA) juga turut mengunggah temuan `menyeramkan` di antariksa.

Temuan itu yakni suara emisi radio yang berhasil ditangkap oleh alat dari pesawat ulang alik di luar angkasa. Suara itu diubah menjadi gelombang suara.

NASA dalam laman resminya menjelaskan, lima suara itu berasal dari beberapa lokasi.

`Auman` Jupiter misalnya. Ditemukan pesawat luar angkasa Juno saat melintasi batas medan magnet planet Jupiter. Alat penangkap gelombang suara Juno merekam aktivitas kejut magnet selama dua jam pada 24 Juni 2016.

NASA juga mirilis hasil data sonifikasi pada Suara Jupiter yang ditemukan oleh pesawat luar angkasa Galileo yang mendekati orbit Jupiter, Ganymede, pada 27 Juni 1996. Daftar audio itu mewakili data dari instrumen Percobaan Gelombang Plasma Galileo.

Selain itu, ada pula suara Gelombang Plasma yang terdengar mirip ombak yang menderu di samudera. Suara itu mirip hiruk pikuk yang berirama. Gelombang asal suara ini ditangkap melalui instrumen bernama EMFISIS yang terpasang di atas pesawat robot Van Allen Probes.

NASA juga merilis Emisi Radio Saturnus yang berhasil dipantau oleh pesawat ruang angkasa Cassini. Gelombang radio ini berkaitan dengan munculnya aurora di kutub Bumi.

Suara Tabrakan Komet juga diunggah oleh NASA. Suara ini direkam pada 14 Februari 2011. Saat itu, komet milik Jupiter, Tempel 1 yang sedang dikunjungi pesawat Stardust milik NASA dihujani partikel debu dan batuan kecil. Bagaimana suara-suara tersebut? Mari dengarkan di bawah ini:

 

Sumber: dream.co.id


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *