negara asia pertama yang ikut piala dunia
Foto: Detik Sport

Negara Asia Pertama yang Ikut Piala Dunia Ternyata Indonesia

Di Piala Dunia 2018, negara zona Asia masih diwakili oleh tim-tim kuat seperti Iran, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Australia. Negara-negara yang disebut tadi seakan sudah menjadi tim langganan pada pagelaran empat tahunan tersebut.

Meski begitu, ternyata wakil Asia pertama yang bermain di Piala Dunia bukanlah negara-negara tersebut, melainkan adalah negara Indonesia.

BACA JUGA: Inilah Sejarah Terbentuknya Radio Republik Indonesia

Dulu, Indonesia memiliki nama Hindia Belanda ketika masih dijajah Belanda dan Jepang. Saat itu Indonesia pernah tampil di Piala Dunia 1938 yang digelar di Prancis dan menjadi tim Asia Tenggara satu-satunya yang pernah merasakan turnamen terbesar di dunia tersebut.

Catatan sejarah bahwa Indonesia menjadi negara Asia pertama di perhelatan Piala Dunia itu juga rupanya diakui oleh federasi sepakbola dunia (FIFA). Melalui akun twitter resminya, FIFA memposting sebuah tanya jawab melalui akun @FIFAWorldCup.

BACA JUGA: 13 Peristiwa Penting dan Bersejarah pada Bulan Ramadan, Terakhir terjadi di Indonesia

Pertanyaan tersebut adalah, “Tim Asia manakah yang pertama kali tampil di Piala Dunia?.” Kemudian mereka menjawab, “Hindia Belanda, yang sekarang dikenal dengan Indonesia, tampil di Piala Dunia 1938 di Prancis.”

Piala Dunia yang digelar pada tahun 1938 merupakan Piala Dunia edisi ketiga. Sebanyak 16 tim ambil bagian pada turnamen itu, dengan memakai sistem gugur.

BACA JUGA: Indonesia Jadi Negara Pembuang Makanan Terbanyak Kedua di Dunia

Tetapi kelolosan Hindia Belanda sendiri layaknya sebuah hadiah. Asia memang diberikan jatah satu tempat di putaran final Piala Dunia saat itu, dan hanya dua tim yang memperebutkannya, sebelum kemudian Jepang mengundurkan diri.

Namun, dalam kiprahnya, Hindia Belanda harus takluk dengan skor 6-0 dari Hungaria di laga perdana yang mengakibatkan mereka langsung tereliminasi. []

SUMBER: INDOSPORT


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *