4 Negara Ini Ada Larangan Warganya Berpuasa Ramadan
4 Negara Ini Ada Larangan Warganya Berpuasa Ramadan

4 Negara Ini Ada Larangan Warganya Berpuasa Ramadan

INSPIRADATA. Bulan Ramadan merupakan bulang yang sangat istimewa. Saking istimewanya bulan Ramadan ini selalu dinantikan dan dirindukan oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia.

Dilansir oleh uzone, Rabu (31/5/2017). Ternyata ada beberapa negara di dunia yang melarang warganya untuk tidak melaksanakan puasa. Berikut daftarnya:

1. Myanmar

Tekanan terhadap muslim etnis Rohingya di Myanmar oleh pemerintahnya sendiri ternyata juga termasuk dalam ibadah puasa Ramadan. Otoritas setempat mengancam akan menangkap siapa pun yang menjalankan ibadah yang biasa dilakukan umat Islam, termasuk juga ibadah puasa.

Kondisi ini masih belum berubah hingga sekarang, namun pemerintah Myanmar menolak menyebutnya sebagai kebijakan resmi mereka.

2. India

Pemerintah India memang mengeluarkan larangan resmi yang melarang warganya untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Tapi toleransi antar umat beragama yang masih sangat rendah, sering menimbulkan konflik, tak terkecuali tentang berpuasa.

Pada 2014 lalu, seorang anggota parlemen diketahui memaksa seorang pekerja restoran yang sedang menjalankan ibadah puasa untuk memakan roti di siang hari. Ia tega memaksa pekerja tersebut konon akibat kesal karena tidak ada makanan di kantin yang dijaga pekerja muslim tersebut.

3. Inggris

Walau kini dikenal lebih terbuka pada agama Islam dan pemeluknya, termasuk untuk urusan beribadah, beberapa sekolah di London masih menerapkan aturan larangan menjalankan puasa.

Alasannya, ibadah puasa dianggap mengganggu kegiatan belajar anak. Hal ini ditegaskan melalui surat resmi yang dikirim kepala sekolah kepada orang tua murid, berisi himbauan agar anak tidak berpuasa selama hari sekolah.

4. Tiongkok

Penduduk suku Uighur di Xinjiang, Tiongkok mayoritas beragama Islam. Pemerintah setempat pernah menerapkan aturan yang melarang orang-orang muslim suku Uighur untuk menjalankan ibadah puasa.

Namun kini, aturan tersebut tak lagi berlaku. Ramadan di wilayah tersebut kini dapat dijalankan pemeluk agama Islam dengan tenang dan meriah, layaknya di negara lain.

Itulah 4 negara yang melarang warganya untuk berpuasa Ramadan. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *