Unik, Informatif , Inspiratif

Negara-negara “Stan” di Dunia

0 15

Apakah Anda pernah mendengar tentang Afganistan atau Pakistan? Kedua negara ini sama-sama berada wilayah Asia selatan. Selain berada di wilayah yang sama, Pakistan dan Afganistan juga memiliki kesamaan lain yaitu, nama kedua negara ini sama-sama diakhiri dengan kata “stan”. Stan sendiri merupakan bahasa persia yang berarti “tempat,” “tanah” atau “negara.”

Ternyata, selain Pakistan dan Afganistan masih banyak negara “stan” lain di dunia. Apa Sajakah itu? Berikut ringkasannya.

BACA JUGA: 4 Tips Mencari Makanan Halal di Luar Negeri

Kazakhstan

Kazakhstan adalah sebuah negara Antarbenua yang sebagian besar wilayahnya termasuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur. Wilayahnya yang terbentang dari barisan Pegunungan Altai di timur, hingga Laut Kaspia di barat, menjadikan negara ini sebagai negara terluas ke-9 di dunia ke-2 terbesar dalam negara pecahan Uni Soviet setelah Rusia.

Kazakhstan sering di sebut sebagai ” Virgin lands “, karena beberapa wilayahnya belum tersentuh sama sekali. Sebagian besar wilayahnya berbatasan langsung dengan Rusia, terutama di sebelah utara dan barat. Di sebelah timur, berbatasan langsung dengan Republik Rakyat Tiongkok (provinsi Xinjiang). Di sebelah selatan berbatasan dengan Uzbekistan, Turkmenistan, Kirgistan dan Laut Kaspia

Kyrgyzstan 

Kyrgyzstan sebelumnya dikenal sebagai Kirghizia , adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tengah yang terkurung daratan dan pegunungan. Kirgizstan berbatasan dengan Kazakhstan di sebelah utara, Uzbekistan di barat, Tajikistan di barat daya dan Cina di timur. Ibukota dan kota terbesar adalah Bishkek.

BACA JUGA: 3 Fakta Mengapa Indomie Sangat Populer di Luar Negeri

Pakistan

Pakistan secara resmi bernama Republik Islam Pakistan adalah sebuah negara di Asia Selatan. Negara ini memiliki garis pantai sepanjang 1,046-kilometer (650 mi) dengan laut arab dan teluk Oman di bagian selatan, berbatasan dengan negara Afghanistan dan Iran di bagian barat, India di bagian timur dan Cina di arah timur laut .

Tajikistan terletak sangat berdekatan dengan Pakistan, namun dibatasi oleh daratan sempit yang disebut Koridor Wakhan. Pakistan terletak secara strategis di antara daerah-daerah penting di Asia selatan, Asia tengah, dan Timur tengah.

Afghanistan

Afganistan secara resmi Republik Islam Afganistan, adalah negara yang terkurung daratan yang terletak di asia selatan dan asia tengah. Memiliki penduduk sekitar 32 juta jiwa, menjadikannya negara paling padat penduduknya ke-42 di dunia.

Negara ini berbatasan dengan Pakistan di selatan dan timur,Iran di barat, Turkmenistan, Uzbekistan, Tajikistan di utara dan Cina jauh di timur laut. Wilayahnya meliputi 652.000 km² (252.000 sq mi), menjadikannya negara terbesar ke-41 di dunia.

Tajikistan

Republik Tajikistan adalah sebuah negara sempalan Uni Soviet di Asia Tengah yang berbatasan dengan Afganistan di selatan, Republik Rakyat Cina di timur, Kirgizstan di utara dan Uzbekistan di barat. Kondisi geografisnya merupakan dataran tinggi yang tidak berbatasan dengan laut.

Turkmenistan

Turkmenistan juga dikenal sebagai Turkmenia.  Sampai tahun 1990, Turkmenistan masih tergabung dalam konstitusi Uni Soviet yang bernama Republik Sosialis Soviet Turkmenistan.

Turkmenistan terletak di asia tengah dan berbatasan langsung dengan Iran di selatan, Afganistan di tenggara, Uzbekistan di utara, Kazakhstan di barat laut dan Laut Kaspia di barat. Sebagian besar wilayahnya merupakan hamparan gurun pasir Karakum. Negara ini memiliki cadangan gas alam terbesar kelima di dunia.

Uzbekistan

Republik Uzbekistan adalah sebuah negara antar benua yang terletak sebagian di asia tengah dan eropa timur yang sebelumnya merupakan bagian dari negara Uni Soviet. Negara dengan wilayah yang terkurung daratan ini berbatasan dengan Kazakhstan di sebelah barat dan utara, Kirgizstan dan Tajikistan di timur dan Afganistan dan Turkmenistan di selatan.

Nah, itu dia Negara-negara “Stan” di dunia, semoga bermanfaat untuk menambah pegetahuan anda ya, Sobat Inspira. []

 

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline