Unik, Informatif , Inspiratif

Ngeblog, Guru SD Ini Dapat 5 Ribu Dollar per Bulan

0

Deni Ranoptri adalah seorang guru SD yang sanggup meraup ribuan dollar dan membuktikan dirinya bisa berpenghasilan dari internet. Dulu ia hanya bermodal laptop bekas yang ia kredit dari sebuan bank. Semua berawal pada saat dia meluncurkan gurusd.net pertengahan 2014. Siapa sangka kini situsnya hasilkan lima ribu dolar per bulan.

Deni mengenang sembari tertawa kecil saat mengenang masa lalu. Beranikan diri ke bank untuk mencari pinjaman uang demi membeli laptop dan modem bekas. “Laptop perjuangan itu masih saya simpan. Tidak akan saya jual,” ujarnya.

Keahlian ngeblog ia peroleh karena rajin membaca di internet. Deni juga ternyata bukan sarjana teknologi informasi. Pria kelahiran Tabalong 3 November 1983 ini adalah lulusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) di Universitas Terbuka (UT).

Deni mengaku tak menyangka situsnya bisa menjadi mesin pendulang rezeki. Berawal dari rasa jengkel yang ia rasakan karena tertinggal yang kemudian menjadaikannya motivasi. “Saya guru biasa di ujung provinsi, masa harus tertinggal informasi pula,” tambahnya.

Perlu diketahui, saat membangun gurusd.net, ayah dari empat anak ini tercatat sebagai guru SD di Kecamatan Jaro. Belakangan pindah mengajar ke SD Nawin Hilir 2 di Kecamatan Haruai. karena ia berada di daerah terpencil, maka jaringan internet pun sudah pasti lemot dan putus nyambung.

“Saya punya kabel panjang yang menjuntai di atap rumah. Sering bolak-balik naik ke atas untuk mencari sinyal. Sampai dikira tetangga gila,” kenangnya sambil tertawa.

Situs Gurusd.net yang digarap oleh Deni hanya fokus pada pendidikan. Ia menyediakan aplikasi pendidikan, materi ajar, bahasan kurikulum dan berita terbaru seputar dunia pendidikan. Per hari paling sedikit 12 ribu visitor dari seantero Indonesia. Banyak pembaca yang mengira Deni orang Jakarta.

Deni pun diganjar penghargaan dari mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, atas pencapaiannya sebagai blogger yang peduli terhadap pendidikan pada akhir 2015 kemarin.

Dampak dari semua itu kini ia sering diundang menjadi pembicara di sejumlah tempat. Terakhir kali ia terbang ke Sampit dan Jambi. “Rasanya bangga, luar biasa bisa membawa nama SD terpencil di Tabalong ke level nasional,” akunya.

Saat ini Deni berpenghasilan Rp 70 juta perbulan. Meski begitu Deni mengaku tidak tertarik untuk melepas statusnya sebagai guru. Mengajar baginya merupakan panggilan hidup. Sementara ngeblog hanya untuk bersenang-senang.

Deni tertawa ketika ditanya dikemanakan semua uang dari hasil ngebloggnya, Ia mengaku sudah membeli rumah, mobil, dan petak tanah dimana-mana. “Termasuk tiga laptop. Semuanya baru lho, tidak ada yang bekas,” ujarnya terbahak. []

SatuMedia


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline