semut neraka
Foto: newscientist.com

Ngeri, Peneliti Temukan ‘Semut Neraka’ Zaman Prasejarah, Begini Bentuknya

Semut  kuno Linguamyrmex vladi , adalah salah satu spesies yang ada pada zaman prasejarah, merupakan salah satu semut paling mengerikan dan mendapat julukan sebagai semut neraka.

Peneliti baru saja menemukan spesies semut neraka tersebut. Semut kuno yang masuk kategori `semut neraka` ini memiliki anatomi tubuh yang sangat mengerikan. Semut ini, berasal dari Periode Kapur. Dinamakan semut vladi atau drakula, karena cara makannya tidak seperti semut semut modern jaman sekarang.

Semut neraka ini, memiliki mulut yang sama pada umumny namun, vladi atau drakula mengandalkan bilah seperti pedang yang menghadap ke atas pada bagian rahang bawah (mandibula).

Tidak ada spesies semut lainnya yang memiliki anatomi mulut seperti vladi. Meski demikian, vladi memiliki rambut halus pada bagian mulutnya seperti pada semut pada umumnya. Rambut halus tersebut,  fungsinya juga sama dengan semut pada umumnya yaitu membantu rahang semut bergerak cepat saat mengunci mangsanya.

Selain bilah pedang yang mengerikan itu, vladi atau semut neraka juga punya tambahan semacam tanduk di bagian mulutnya.

Barden, seorang peneliti di New Jersey Institute of Technology di Newark, Amerika Serikat. Mengungkapkan anatomi semut neraka atau vladi yang sangat menakutkan itu diungkap oleh Phillip.

Barden, dan rekan-rekannya menemukan seekor semut vladi atau semut neraka, yang terperangkap di dalam batuambar,  diperkirakan semut tersebut berusia 98 juta tahun lalu.

Vincent Perrichot dari Universitas Rennes 1 di Perancis, mengatakan, selain memiliki umur panjang semut Vladi, juga memiliki keunggulan lainnya seperti,  melalui pemindaian CT Scan, Barden, menemukan bahwa tanduk vladi diperkuat oleh lapisan metal.

“Mungkin lapisan metal itu berguna agar tanduk tidak rusak atau patah,” kata Vincent melansir newscientist.com.

“Masuk akal juga, jika itu untuk memperkuat tanduk vladi, sebab tanduk vladi harus bisa menahan dampak berulang saat bilah pedang berusaha menusuk tubuh mangsa ” Barden menambahkan.

Barden mengatakan vladi menggunakan bilah pedang pada mulutnya untuk menusuk tubuh mangsa dan menyedot hemolymph, atau darah serangga, kemudian dialirkan melalui saluran mirip tabung di antara mandibula. Sementara tanduk digunakan untuk menahan mangsa agar tidak bisa bergerak.

Cara makan vladi yang mirip drakula ini, terjadi karena mulutnya tidak dirancang untuk mengunyah makanan, tapi menghisap darah korbannya. []

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *