, Ngeri, Siapa Sangka Diabetes Saat Usia Remaja Ternyata Lebih Berbahaya!
Unik, Informatif , Inspiratif

Ngeri, Siapa Sangka Diabetes Saat Usia Remaja Ternyata Lebih Berbahaya!

0

 

Kebanyakan orang menyukai rasa manis, saat membuat teh, gulanya dibanyakin. Minum coklat berlebihan, minum es ketagihan rasa manisnya. Eits, jangan anggap enteng sama rasa manis ya, ternyata diabetes dapat juga lho menyerang anak remaja yang bahkan masih muda. Bahkan, diabetes pada usia remaja bisa berakibat lebih fatal lho.

Diabetes tidak hanya dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut. Remaja atau anak muda juga bisa memiliki diabetes. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa diabetes yang terjadi di usia remaja justru lebih berbahaya. Simak faktanya di bawah ini.

 

Sebuah penelitian oleh Treatment Options for Type 2 Diabetes in Adolescents and Youth (TODAY), mengatakan bahwa penyakit diabetes lebih berkembang cepat pada remaja dibandingkan dengan orang dewasa atau orang lanjut usia. Diabetes tipe 2 pada remaja, umumnya dengan cepat memunculkan komplikasi penyakit seperti jantung dan ginjal.

Temuan yang diterbitkan pada jurnal edisi khusus Diabetes Care ini, pada dasarnya menunjukkan efek buruk buruk yang bisa terjadi pada remaja pengidap diabetes, meskipun para remaja ini sudah mendapatkan perawatan optimal dan pantauan yang ketat dari pada tim ahli diabetes.

Studi yang diterbitkan pada 2004 ini juga melibatkan anak muda dengan diabetes tipe 2 sembari menguji keampuhan bermacam obat diabetes yang digunakan. Ditemukan bahwa pada peserta penderita diabetes yang berumur 10 sampai 17 tahun, obat metformin tidak ampuh menurunkan kadar gula darah mereka.

Apa penyebab diabetes terjadi pada usia remaja?

Diabetes pada remaja terjadi kemungkinan disebabkan oleh gaya hidup dan masalah kesehatan. Faktor seperti genetik bisa meningkatkan risiko remaja mengidap diabetes, tetapi banyak gaya hidup tidak sehat yang menjadi masalah utama penyebab anak muda akhirnya memiliki diabetes.

Faktor penyebab yang dapat memicu diabetes tipe 2 pada remaja seperti berikut:

1. Kelebihan berat badan atau obesitas
2. Menjalani gaya hidup tidak sehat seperti sering merokok dan mengonsumsi alkohol.
3. Gemar mengonsumsi asupan manis dan makanan siap saji
4. Memiliki anggota keluarga dengan diabetes
5. Memiliki riwayat diabetes gestisional
6. Memiliki kadar kolesterol tinggi
7. Didiagnosis pradiabetes

Memiliki diagnosis pradiabetes tidak berarti Anda sudah mengidap diabetes tipe. Ini artinya gula darah Anda sudah tergolong tinggi dan di atas batas normal, namun belum terlalu tinggi untuk dikategorikan sebagai diabetes. Jika dibiarkan terus, Anda bisa terkena diabetes tipe 2.

Bagaimana mencegah terjadinya diabetes pada remaja?

Perkembangan diabetes tipe 2 di usia remaja memang cenderung berbahaya, sehingga dapat menimbulkan komplikasi penyakit yang lebih serius. Contohnya termasuk retinopati, nefropati, neuropati, dan penyakit kardiovaskular.

Ini upaya pencegahan diabetes pada saat remaja:

1. Mempertahankan berat badan ideal
2. Makan buah dan sayur
3. Ganti gula dengan pemanis yang rendah kalori
4. Aktif berolahraga

Semoga bermanfaat. []

SUMBER: hellosehat.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.