Parity
Foto: CryptoCompare.com

Niat Perbaiki Bug, Uang Virtual Senilai Rp 4 Triliun Raib

Parity, sebuah penyedia layanan dompet digital untuk Ether (cryptocurrency Ethereum), mengalami nasib buruk. Maksud hati ingin menambal celah keamanan, mata uang virtual senilai triliunan rupiah malah raib.

Awalnya Parity pekan ini tengah mencoba memperbaiki bug di dompet multi-signature yang sempat dieksploitasi sebelumnya oleh hacker untuk mencuri Ether seharga 32 juta dollar AS dari Parity.

Dompet multi-signature adalah tipe digital wallet yang membutuhkan otorisasi lebih dari satu pengguna untuk transfer dana.

Namun kemudian tim Parity secara tak sengaja membuat bug lain muncul yang menyebabkan satu pengguna menjadi pemilik tunggal dari semua dompet multi-signature. Hal ini terjadi saat di tengah proses coding untuk perbaikan,

Nama alias si pemilik tunggal itu ialah “devops199”. Panik begitu mengetahui apa yang terjadi dan berupaya mengembalikan keadaan seperti semula dengan menghapus kode transfer kepemilikan wallet.

Alih-alih dikembalikan ke para pemilik semula, seluruh dana di dompet-dompet digital itu justru terkunci secara permanen.

“Ini berarti tak ada dana yang bisa dipindahkan dari dompet-dompet digital multi-signature itu,” tulis Parity dalam sebuah peringatan keamanan, seperti dikutip Kompas.com dari The Guardian, Kamis (9/11/2017).

Ether yang terkunci dalam dompet secara tak sengaja ini diperkirakan bernilai 300 juta dollar AS atau lebih dari Rp 4 triliun. Pihak Parity belum memastikan angka persisnya.

Parity tidak mengatakan sejumlah besar dana itu telah “hilang”, mereka hanya menyebutnya “beku” dan tak dapat ditransfer. “Kami sedang menganalisis situasi dan akan merilis update yang lebih detail dalam waktu dekat,” kata Parity.

Ethereum adalah cryptocurrency terpopuler kedua setelah Bitcoin. Nilai Ether sudah meningkat lebih dari 2.500 persen dalam setahun terakhir dan kini berada di kisaran 285 dollar AS per keping. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *