hukum menikah di bulan ramadhan
Foto: Muslim Marriage Guide

Nikah Muhallil, Tidak Sah!

Foto: Muslim Marriage Guide

INSPIRADATA. Ketika Anda sudah memantapkan pilihan untuk menikah, maka jangan sampai salah orang. Sebab, tak bisa sembarang orang Anda nikahi. Meski orang tersebut sangat berarti bagi hidup Anda. Dan tak semua pernikahan itu akan dianggap sah, jikalau orang yang menikahnya pun salah. Apa maksudnya?

Ada salah satu jenis pernikahan yang tidak bisa Anda lakukan. Apakah itu? Pernikahan muhallil. Pernikahan jenis apa ini?

Pernikahan muhallil yaitu seorang wanita ditalak tiga dan karenanya suaminya diharamkan ruju’ kepadanya. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT, “Kemudian jika si suami metalaknya (sesudah talak yang kedua), maka perempuan itu tidak halal lagi baginya hingga dia kawin dengan suami yang lain,” (QS. Al-Baqarah: 230).

Kemudian wanita tersebut dinikahi laki-laki lain untuk menghalalkannya dinikahi lagi suami pertama. Pernikahan seperti itu tidak sah karena Abdullah bin Mas’ud RA berkata, “Rasulullah SAW melaknat muhallil dan muhallil lahu,” (Diriwayatkan At-Tirmidzi dan ia-men-shahih-kannya).

Apa itu muhallil dan muhallil lahu? Muhallil adalah orang yang menikahi wanita yang telah ditalak tiga dengan maksud menghalallkannya sehingga bisa dinikahi suami pertama. Sedangkan muhallil lahu adalah suami pertama dari wanita yang ditalaknya dengan talak tiga kemudian dinikahi muhallil.

Pernikahan seperti itu harus dibatalkan dan wanita tersebut tidak halal bagi suami yang telah mentalaknya dengan talak tiga dan mahar tetap dimiliki wanita tersebut jika ia telah digauli, kemudian keduanya dipisahkan (antara wanita tersebut dan muhallil). []

Referensi: Ensiklopedi Muslim Minhajul Muslim/Karya: Abu Bakr Jabir Al-Jazairi/Penerbit: Darul Falah


Artikel Terkait :

About Eki Baehaki

Check Also

alasan suami selingkuh

Perhatikan, 5 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Pasangan Anda tengah Berselingkuh

Meski demikian, ada juga orang yang tetap biasa saja dengan HP. Kemana-mana dia tidak perlu terlalu sering memegang handphone. Membuka handphone kalau ada notifikasi saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *