nilai rupiah melemah
Foto: Tempo

Nilai Rupiah Melemah, Luhut: Rupiah Bagus Kok, Nggak Apa-apa

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menanggapi nilai rupiah yang melemah terhadap dolar hingga ke level Rp 14.515. Menurutnya, nilai rupiah saat ini tak perlu dikhawatirkan.

“Rupiah biasa, nggak apa apa,” kata Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Luhut berpendapat, kondisi fundamental ekonomi Indonesia saat ini dalam keadaan bagus sehingga diyakini mampu menghadapi gejolak dolar.

BACA JUGA: BI: Rupiah Sudah Stabil dan Cenderung Menguat

“Rupiah bagus kok, anu kita semua, fundamental ekonomi kita, inflasi bagus, memang karena account deficit (defisit neraca berjalan) kita, tetapi dengan kita mau gunakan B20 (campuran kelapa sawit 20%) kita hitung kita akan bisa penerimaan kira kira hampir US$ 4 miliar dalam 2 tahun ke depan,” terang Luhut.

Luhut menambahkan, jika tahun ini saja Indonesia bisa menggunakan B20 sebanyak 500 ribu ton, maka penerimaan bisa mencapai US$ 1 miliar. Ini bisa membantu menjaga kondisi ekonomi Indonesia, termasuk dari penguatan dolar AS.

“Tahun ini kalau digunakan 500 ribu ton saja saya kira sudah hampir US$ 1 miliar, karena account deficit kita bisa jadi baik juga. Jadi overall saya kira nggak ada yang perlu terlalu dikhawatirkan,” tambahnya.

BACA JUGA: Karena Tak Libur, Tukang Roti di Perancis Didenda 51 Juta Rupiah

Dolar Amerika Serikat (AS) terus menunjukkan keperkasaannya. Setelah kemarin sempat menyentuh rekor tertinggi tahun ini di Rp 14.534, pagi ini dolar AS menunjukkan grafik penguatan hingga ke level Rp 14.515.

Dikutip detikFinance dari data perdagangan Reuters, Jumat (20/7/2018), dolar AS pagi ini bergerak di level Rp 14.500 hingga Rp 14.555. []

SUMBER: DETIK FINANCE


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

tukang becak

Dipenjara, Tukang Becak Ini Dapat Donasi Rp 700 Juta Lebih

Akibat kecelakan itu, nyawa penumpang tidak tertolong dan akhirnya meninggal 15 menit setelah tiba di rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *