Air keras sebabkan kebutaan
Foto: Air keras sebabkan kebutaan (viva)

Novel Baswedan Kena Air Keras di Mata, Mungkinkah Buta?

Air keras sebabkan kebutaan
Foto: Air keras sebabkan kebutaan (viva)

INSPIRADATA. Novel Baswedan, penyidik senior KPK mendapatkan musibah dengan disiram dengan air keras usai salat subuh dekat rumahnya pada Selasa 11 April 2017 kemarin.

Novel disiram menggunakan air keras pada bagian dahi dan matanya. Lalu apakah Novel akan mengalami kebutaan pasca disiram dengan bahan kimia yang sangat bahaya ini?

Dilansir oleh Liputan6, dokter spesialis mata dari RSCM, Gitalisa Andayani mengatakan bahwa air keras dapat merusak atau destruktif.

“Apabila cairan itu terkena lapisan mata bisa menyebabkan kerusakan pada kornea, mukosa dan selaput lendir,” ujar Gitalisa.

Menurutnya, hal yang paling ditakutkan jika cairan kimia ini mengenai mata kita adalah bagian mata yang paling sensitif adalah kornea. Karena, kornea bisa mengelupas, dan terjadi radang.

“Namun, jika terjadi trauma yang berat, bisa jadi mata akan mengalami kekeruhan dan bisa mengakibatkan kebutaan,” ujar Gitalisa.

Selain itu, Gitalisa menjelaskan kerusakan pada mata itu tergantung derajat konsentrasi dari cairan tersebut. Bila semakin pekat, akan membahayakan bagian tubuh yang terpapar.

BACA JUGA: 

Polisi Usut Tuntas Kasus Teror Air Keras pada Novel Baswedan

“Yang terpenting adalah penanganan. Jika dalam kondisi darurat segera disiram dengan air mengalir atau diirigasi. Walau perih, tahan sebentar. Lalu, segera ke rumah sakit,” ujarnya.

Namun, berbeda halnya bila saat terkena air keras, kelopak mata menutup. Hal ini akan mengurangi derajat keparahan.

“Tapi tentu saja, untuk mengetahui kondisi Novel ya dari visum dokter yang menanganinya,” papar dokter Gita. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *