Unik, Informatif , Inspiratif

Nur Effendi: Sedekah adalah Gaya Hidup Umat Muslim Indonesia

0
, Nur Effendi: Sedekah adalah Gaya Hidup Umat Muslim Indonesia
Foto:

INSPIRADATA. Nur Effendi selaku CEO Rumah Zakat menilai, bahwa saat ini sedekah sudah menjadi budaya positif untuk sebagian umat Islam di Indonesia. Hal ini terbukti dari respon masyarakat menanggapi program-program sedekah yang ada di Indonesia. 

“Era sekarang, terutama middle class Muslim, pandangan sedekah sudah sangat direspon baik,” kata Nur Effendi.

Dilansir oleh Republika, Effendi mengatakan, sudah sejak lama masyarakat lebih memilih untuk menitipkan keselamatan jiwanya kepada asuransi. Hal ini dilakukan agar mendapatkan jaminan kesehatan.

“Dengan berjalannya waktu, masyarakat mulai merubah pola pikirnya, dengan menitipkan jiwanya langsung kepada Allah SWT,” kata Effendi.

Dia pun menjelaskan, banyak orang bersedekah sesaat sebelum bepergian demi menghindarkan dirinya dari segala bahaya dan berharap dilindungi Allah karena sedekahnya.

“Dalam momentum Hari Sedekah Nasional ini secara simbolis telah menjadikan sedekah sebagai gaya hidup seorang Muslim,” kata Effendi.

Dengan banyaknya kisah sahabat mengenai keutamaan bersedekah, yang salah satunya adalah pada saat sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah lalai tidak melaksanakan sholat Ashar, lalu ia menyedekahkan kebunnya ke baitul mal.

Tentu ini menjadi panutan bagi kita umat Muslim dalam menjaga keutamaan sedekah.
“Walau kebanyakan untuk jihad fisabilillah, biayai perang, sahabat senantiasa menyambut perintah sedekah dengan sangat antusias,” kata Effendi.

Nur Effendi mengingatkan bahwasanya Rasulullah Shallallhu ‘alaihi wa sallam menganjurkan sedekah ini selain kewajiban zakat, karena zakat sebenarnya ada batas minimal, yakni 2,5 persen. Sedangkan sedekah tidak memiliki batasan dan konteksnya lebih luas.

BACA JUGA: 

Bersedekah pada Pencuri, Pezina, dan Orang Kaya

Keren, Bersedekah Lewat Rak Pahala di Masjid Kairah

Hal ini berarti, Rasulullah Shallallu ‘alaihi wa sallam memotivasi umatnya agar senantiasa membagi hartanya kepada yang berhak, agar kita selaku yang bersedekah dapat merasakan manfaatnya. []

Redaktur: Ferry Ardiyanto Kurniawan

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.