Unik, Informatif , Inspiratif

Obat Kumur, Ternyata Bisa Jadi Bahaya

0 38

Selain memiliki manfaat seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, penggunaan obat kumur juga ternyata memilki dampak negatif yang berakibat kurang baik bagi kesehatan mulut.

Umumnya, obat kumur mengandung antiseptik, yang digunakan untuk membunuh mikroorganisme-mikroorganisme penyebab bau mulut.

Penggunaan obat kumur secara terus menerus dapat menyebabkan terganggunya flora normal di dalam mulut. Terganggunya flora normal mulut ini dapat menimbulkan masalah bau mulut yang lain.

BACA JUGA: Apakah Benar, Obat Kumur Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes

Kandungan lain dari obat kumur adalah alkohol. Alkohol berfungsi memberi kesan dan bersih. Akibat sampingan dari alkohol adalah mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut dan mengiritasi mukosa yang menyebabkan penebalan jaringan mukosa serta meningkatkan risiko terjadinya kanker mukosa mulut. Selain itu alkohol juga dapat mempengaruhi lidah sehingga mengganggu kerja indera pengecapan.

Obat kumur memang banyak manfaatnya, tapi melihat dampak negatifnya maka pemakaian secara terus menerus tidak dianjurkan. Banyak dokter gigi juga menyarankan agar tidak terlalu sering menggunakan obat kumur, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, nomor satu tetap menggosok gigi, jika ingin menyegarkan atau ada masalah di mulut, baru Anda dapat menggunakan obat kumur atau mouthwash. Semoga bermanfaat, Sobat Inspira. []

 

BERBAGAI SUMBER

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline