Unik, Informatif , Inspiratif

Oh, Ternyata Becak AS Ini yang Bikin Sandiaga Uno Kesengsem

0

Pemprov DKI Jakarta mewacanakan akan kembali memfungsikan becak sebagai moda transportasi yang beroperasi di Ibu Kota. Meski wacana tersebut menuai pro dan kontra di kalangan warga Ibu Kota, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tetap optimis untuk merealisasikannya. 

Sandi menilai, becak memiliki daya tarik tersendiri untuk menggaet wisatawan  sehingga diharap dapat menunjang pariwisata Jakarta.

“(Becak) untuk pariwisata kita sambungkan dengan beberapa destinasi wisata kita. Itu yang jadi pemikiran,” kata Sandi di Balai Kota Jakarta, Senin (15/1/18).

Sebenarnya, ide Sandiaga Uno tersebut terinspirasi dari keberadaan becak di negara-negara maju yang digunakan untuk menggaet wisatawan.

Amerika Serikat, misalnya, seperti dilansir liputan6com, memiliki moda transportasi menyerupai becak yang bernama pedicab. 

Namun, struktur becak AS itu berbeda dengan milik Indonesia.

Pedicab di AS memosisikan pengemudi di depan penumpang. Walau begitu, pedicab menjamin penumpang bisa melihat sekeliling dengan leluasa (clear view). Hal ini berhubungan dengan konsep wisata yang diusung New York pedicab.

Pedicab juga memiliki pelindung di atas kepala penumpang yang bisa diturunkan maupun dinaikkan sesuai permintaan penumpang.

Kendaraan ini dilengkapi lampu di bagian ujung bawah kanan dan kiri depan maupun belakang tempat duduk penumpang.

Wajar jika pedicab akhirnya mampu memikat ketertarikan wisatawan, terlebih kendaraan itu berseliweran di kota-kota besar, seperti New York, Washington DC, dan Pilidelphia.

Nah, bagaimana dengan Indonesia? Mampukah membuat hal yang serupa? []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.