Unik, Informatif , Inspiratif

Olahan Kedelai yang Selalu Popular

0 11

Kedelai adalah kacang-kacangan yang popular di seluruh dunia. Kedelai menjadi bahan makanan favorit semua kalangan karena tinggi protein, dan relatif murah. Nyaris di semua tempat memilki olahan kedelai sesuai kebudayaan dan tradisinya.

Mari kita lihat, menjadi apa saja kacang kedelai itu:

Tempe

Tempe merupakan produk tradisional. Formulanya ditulis dalam naskah jawa Serat Centhini di abad ke-18. Awalnya tempe terbuat dari kedelai hitam nan gurih kaya asam amino glutamat. Lalu selera masyarakat berubah, para pembuat tempe membuatnya beralih ke bahan baku kedelai kuning. Menurut selera saat itu, warnanya yang lebih menarik.

Cara membuat tempe dimulai dari perebusan kedelai, pengupasan, perendaman, dan pembersihan. Fermentasi dilakukan menggunakan daun pisang bersama campuran ragi tempe, jamur jenis Rhizopus.

BACA JUGA: Burger Tempe, Cobain Yuk!

Tahu

Tahu dihasilkandari sari kedelai yang dimasak dan ditambahkan bahan koagulen –salah satunya cuka masak– yang membuat protein pada kedelai menggumpal. Hasil gumpalan ini disaring dan diperas untuk mengurangi kadar airnya, kemudian dicetak.

Banyak jenis tahu yang dijual di pasaran. Selain tahu putih, ada tahu kuning yang diwarnai dengan kunyit, tahu pong, tahu takwa, tahu sutra, dan lainnya.

Saat ini tahu telah bertambah variasi kulinernya sebagai kudapan seperti tahu krispi, tahu bulat, tahu susu.

Susu Kedelai

Sesungguhnya yang dimaksud susu kedelai, adalah sari kedelai. Susu kedelai tentu saja bergizi tinggi. Susu kedelai cocok menjadi pilihan penderita lactose intolerance atau alergi susu sapi.
Cara membuat susu kedelai: Kedelai direndam semalam, lalu diblender bersama air, kemudian dimasak, disaring. Bisa ditambahkan gula atau jahe atau kayu manis sesuai selera.

Oncom

Ampas atau sisa penyaringan kedelai dari proses pembuatan susu kedelai atau tahu dapat diolah kembali untuk menghasilkan oncom. Ampas kedelai ditambahkan tepung singkong sebagai bahan perekat, kemudian dikukus hingga matang. Setelah dicetak, ampas tahu ini kemudian ditaburi ragi oncom (Neurospora sitophila). Dengan masa inkubasi selama 2 hari, ampas tahu akan berubah menjadi oncom berwarna oranye.

BACA JUGA: Inilah Fakta-fakta Soal Garam

Kembang tahu

Memiliki tekstur yang lebih lembut dari tahu biasa. Proses pembuatannya serupa dengan proses pembuatan tahu. Sari kedelai diberi bahan koagulan hingga menggumpal. Namun, tidak melewati proses penyaringan dan pemerasan. Kandungan air yang banyak memang disengaja agar teksturnya lembut. Kembang tahu biasa hadir dalam bentuk hidangan penutup. Disajikan bersama sirop jahe dan gula merah.

Kembang tahu kering

Bentuknya kering. Perlu diseduh terlebih dahulu saat akan digunakan dalam masakan. Kembang tahu jenis ini dibuat dari susu kedelai yang dipanaskan pada suhu tinggi secara terus-menerus. Protein yang dipanaskan akan membentuk lapisan tipis di permukaan. Lapisan ini diangkat, kemudian dikeringkan.

Taoco

Tauco berasal dari Tiongkok. Tauco merupakan hasil fermentasi kedelai kuning yang telah direbus, dihaluskan, dan diaduk bersama tepung terigu. Direndam dengan air garam, lalu didiamkan selama beberapa minggu hingga menjadi taoco. Di negeri asalanya Tauco disebut Tausi, dibuat dari kedelai hitam dan rasanya lebih asin.

Rasanya asin dengan aroma menyengat khas taoco. Banyak daerah penghasil taoco di Indonesia. Cianjur dan Medan di antara yang ternama. Tiap daerah memiliki keunikan rasa pada taoconya

Kecap

Bumbu masak yang sekaligus menjadi condiment ini dibuat dari kedelai kuning atau kedelai hitam. Kedelai yang sudah direbus ditiriskan, diberi ragi dan didiamkan selama beberapa hari. Setelah itu, kedelai difermentasi lagi dalam air selama beberapa bulan. Setelahnya, kedelai dimasak dengan tambahan rempah. Kecap asin dan kecap manis dibedakan pada proses pemasakannya. Untuk kecap manis, ditambahkan gula jawa dan rempah seperti daun salam, jahe, serai, dan lainnya.

Miso

Miso adalah Pasta yang dibuat dari kedelai difermentasi dengan jamur Aspergillus oryzae. Selain kedelai, beberapa bahan lain kerap digunakan sebagai bahan pembuatan miso, seperti beras, barley, atau gandum. Miso digunakan dalam campuran makanan, seperti pembuatan sup, salad, saus untuk yakitori, dan masih banyak lagi.

Gochujang

Gochujang merupakan campuran dari kedelai, cabai merah bubuk, dan tepung ketan yang difermentasi. Merupakan bumbu masak khas Korea. Secara tradisional, pembuatannya sangat unik, disimpan dalam kendi yang diletakkan di luar ruangan. Digunakan sebagai bahan campuran masakan, seperti bibimbap, sup, dan banyak masakan Korea lainnya. []

SUMBER: FEMINA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline