Unik, Informatif , Inspiratif

Orang Munafik, Berat Lakukan Ini

0 565

Orang munafik akan melakukan amal baik hanya untuk mendapat pujian bagi orang lain. Maka, ketika waktu ibadah tidak menguntungkan untuk dilakukan, di situlah ia merasa berat melakukannya.

Anda pasti tahu siapa orang munafik itu? Ya, orang munafik merupakan orang yang paling membayahakan bagi kita. Mengapa? Sebab, tipu muslihatnya bisa membohongi orang banyak. Kita tidak akan menyadari bahwa ia lebih berbahaya daripada non-Muslim. Ia berlagak berlaku benar, padahal nyatanya ia memiliki niat yang buruk.

BACA JUGA: Begini Cara Orang Munafik Shalat

Orang munafik akan melakukan ibadah, khususnya shalat hanya untuk mendapat penilaian baik di mata manusia. Ia bangga dengan ibadahnya, jika dipuji. Ia sangat senang dengan pujian. Tetapi, ada hal yang begitu berat dilakukan olehnya. Apakah itu?

Rasulullah ﷺ bersabda, “Tiada shalat yang lebih berat bagi orang-orang munafik daripada shalat shubuh dan isya. Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya walau pun dalam keadaan merangkak,” (HR. Bukhari).

Kedua shalat tersebut (isya dan shubuh), berat bagi orang munafik. Mengapa? Kata Ibnu Hajar, karena waktu shalat isya adalah saat orang-orang beristirahat. Sedangkan, waktu shalat shubuh adalah saat nikmat untuk tidur.

BACA JUGA: Munafik Kecil dan Besar

Semua shalat pun sebenarnya berat bagi orang munafik. Sebagaimana Allah SWT berfirman, “Dan mereka tidak mengerjakan shalat, melainkan dengan malas…,” (At-Taubah: 54).

Syeikh Al-Utsaimin menjelaskan dalam Syarh Riyadhus Shalihin bahwa pada masa itu, shalat shubuh dan isya dikerjakan dalam keadaan gelap, tidak ada lampu seperti sekarang. Sehingg, menghadiri dua shalat itu terasa berat bagi mereka (orang-orang munafik), karena mereka tidak bisa memamerkan amalan (shalat) nya di hadapan jamaah lain. []

Referensi: Orang Tua Hebat Melahirkan Anak Hebat/Karya: Fadlan al-Ikhwani/Penerbit: Al-Qudwah Publishing

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline