Orang Tua, Jangan Gegabah Memberi Nama Anak!

bayiINSPIRADATA. Mungkin kita tidak asing dengan sebuah ungkapan, ‘Apalah artinya sebuah nama’. Memang tidak semua orang mengetahui arti dari namanya masing-masing.

Namun, jika Anda menjadi orang tua yang berkewajiban memberikan nama kepada anak, ada baiknya Anda mengetahui ketentuannya.

Nama adalah ciri atau tanda, maksudnya adalah orang yang diberi nama dapat mengenal dirinya atau dikenal oleh orang lain. Jadi,  hakikat pemberian nama kepada anak adalah agar ia dikenal sekaligus untuk memuliakan si anak itu sendiri. Oleh sebab itu para ulama bersepakat  bahwa memberi nama kepada anak itu hukumnya wajib.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Albert Mehrabian, Ph.D., mengenai  bagaimana sebuah nama mengubah persepsi orang lain tentang moral, keceriaan, kesuksesan, bahkan maskulinitas dan feminitas, menunjukkan bahawa orang-orang cenderung  memberikan penilaian negative kepada seseorang yang namanya aneh atau tidak biasa. Sehingga anak yang memiliki nama yang aneh kerap mendapat cemoohan dari orang sekitarnya.

Hal tersebut akan berpengaruh pada mental sang anak. Biasanya anak akan menjadi minder.  Sikap dan prilakunya pun akan terpengaruh oleh pikiran dan perasaan mindernya tersebut. Ini tentu tidak baik bagi tumbuh kembangnya.

Maka, selain wajib memberikan nama, orang tua juga harus pandai memilih nama yang baik bagi anaknya. Secara tidak angsung itu akan membantu sang anak dalam kehidupan sosialnya kelak. []


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *