Anak Belajar
Foto: Anak Belajar (wordpress)

Orang Tua Lakukan Ini! Agar Anak Tidak Bosan Belajar

Anak Belajar
Foto: Anak Belajar (wordpress)

INSPIRADATA. Sebagai orang tua pasti anda menginginkan yang terbaik untuk anak. Mulai dari akademis maupun non akademis. Namun, anda sering kali memaksa anak jika anak anda tidak mau melakukannya. Terutama soal belajar.

Tentu saja sebagai orang tua pastinya anda akan merasa sangat khawatir, jika anak anda tidak belajar. Sebenarnya hal yang membuat anak anda malas untuk belajar adalah cara belajar yang monoton dan membosankan.

Dilansir oleh CNNIndonesia, ternyata ada beberapa cara sederhana untuk membuat proses belajar anak menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

1. Siapkan ruang kreatif yang menyenangkan
Mengatur ruang belajar anak sekreatif mungkin akan membuat mood belajar anak meningkat. Hindari ruang belajar dekat dengan hal-hal yang mungkin mengganggunya, misalnya ruang menonton televisi atau teknologi.

Sangat penting bagi anak untuk menyukai ruangan yang nyaman. Seperti dengan menambahkan beberapa warna, citra inspiratif, dan banyak peralatan akademis, seperti kertas dan alat tulis.

2. Memberi penghargaan untuk kemajuan anak
Memberi penghargaan ketika sang anak melakukan hal positif mungkin bisa bekerja dengan baik supaya anak bisa lebih termotivasi. Dengan membuat grafik yang terbuat dari kertas- kertas unik, setiap tugas yang selesai tepat waktu, anak akan memperoleh bintang yang ditempelkan di grafik kamar anak. Ketika grafik penuh, anak akan mendapat hadiah seperti menonton film yang ia suka, mendapatkan es krim, membeli baju baru, atau mendapatkan permainan baru. Namun sebaiknya kamu juga harus memastikan bahwa anak mengetahui mengapa ia mendapatkan penghargan atas apa yang sudah ia kerjakan. Supaya anak mengetahui apa yang sebenarnya menjadi motivasi orangtua dalam memberikan suatu penghargaan.

3. Bermain game pendidikan
Strategi ini dapat bekerja dengan beberapa cara yang berbeda. Kamu dapat mengubah pekerjaan rumah yang sebenarnya menjadi sebuah permainan. Misalnya, jika anak sedang belajar tentang kosakata, kamu bisa membuat flashcard atau pencocokan kata-kata lewat permainan. Jika anak sedang belajar matematika, kamu dapat menggunakan potongan-potongan kecil permen untuk membentuknya seperti angka.

BACA JUGA: 

Belajar Al-Quran Lewat Qur’an Call, Gimana Yah?

4. Mengajak adik belajar bersama

Kalau kamu seorang kakak yang ingin membantu adikmu, ada baiknya juga untuk meluangkan waktu bersama adik. Hal tersebut bisa memotivasi adik untuk berpikir bahwa bukan hanya dia saja yang sedang merasakan kejenuhan untuk belajar. Meluangkan waktu untuk dia dengan menjawab setiap pertanyaannya adalah salah satu cara yang ampuh untuk membuat ia tidak merasa sendiri.

Itulah beberapa cara untuk membuat anak menjadi bersemangat untuk belajar. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Pasang Stiker ‘Happy Family’ di Mobil Pribadi, Ini Bahayanya

para pelaku kejahatan jadi bisa mengetahui, kapan waktu sang anak sendirian di rumah tanpa ditemani ayah dan bundanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *