dampak pertengkaran orangtua
Foto: BBC

Orang Tua Over Protektif, Ini Dampaknya bagi Anak

orang-tua-yang-over-protektifINSPIRADATA. Pendidikan keluarga memang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Orang tua berkewajiban memelihara dan memenuhi segenap kebutuhan anak. Apapun itu, sikap mereka akan berdampak bagi anak. Dalam prakteknya, kadang mereka melakukan pengawasan super ketat atau over protektif. Sifat orang tua yang over protektif ini rupanya bisa merusak mental anak secara jangka panjang.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Positive Psychology, ditemukan bahwa orang dewasa yang pada masa kecilnya memiliki orang tua over protektif, justru memiliki mentalitas yang kurang dan cederung  tidak bahagia. Dalam penelitian ini, para peserta dipantau  oleh 13 sampai 15 guru, dan diwawancara ketika mereka berusia 30, 40, dan 60 tahun.

Sifat over protektif orang tua yang dimaksud diatas adalah tentang pengawasan berlebihan yang terlalu ketat terhadap anak tanpa diimbangi kasih sayang dan perhatian. Apa saja dampaknya?

  1. Orang tua dinilai tidak dapat memberikan kepercayaan penuh terhadap anak. Ini berdampak pada tingkat kepercayaan dirinya kelak.
  2. Orang tua bersikap terlalu mendikte, tidak memberi kesempatan anaknya untuk membuat keputusan-keputusan penting. Dampaknya akan memunculkan sikap ketergantungan pada diri sang anak.
  3. Adanya sikap curiga berlebihan dari orang tua akan membuat anak merasakan ganguan terhadap privasinya.

Semua sikap yang ditunjukan secara over protektif ini berdampak pada sisi psikologis dan akan menggangu perkembangan mental anak di masa depan.

Menurut Mai Stafford dari Unit MRC untuk Lifelong Health & Ageing di UCL, orang tua juga sebaiknya memberikan pondasi yang teguh untuk menjelajahi dunia, sedangkan  kehangatan dan perhatian orang tua diperlukan juga untuk dapat meningkatkan pengembangan sosial dan emosional.

“Jika seorang anak berbagi ikatan emosional yang aman dengan orang tua, maka mereka lebih mampu membentuk keterikatan yang aman ketika dewasa kelak.” Ujar Stafford.

Dengan demikian orang tua harus lebih bijak dalam menerapkan pendidikan terhadap anak. Pengawasan haruslah diimbangi dengan perhatian dan kasih sayang.[]

 


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *