malaikat menahan matahari
Foto: www.youtube.com

Orang yang Masuk Surga karena Amal Buruknya

Foto: www.youtube.com

INSPIRADATA. Kita tidak pernah tahu pada akhirnya di manakah posisi kita di akhirat nanti. Entah di surga ataupun di neraka. Kita benar-benar tidak pernah tahu. Tidak pernah ada yang menjamin amalan kita bisa memasukkan kita ke dalam surga. Sebab, tak sedikit orang yang melakukan amalan kebaikan justru pada akhirnya masuk neraka.

Sebaliknya, ada banyak orang justru bisa masuk surga karena amalan-amalan buruknya. Mengapa bisa demikian?

Nukilan dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berikut memberikan kita pelajaran agar tidak berlaku ujub. Sifat ujub membuat amalan yang kita lakukan seakan-akan sirna. Akibat itu, neraka pun yang bisa jadi ancaman. Sehingga beramal baik pun selamanya tidak berujung baik. Bisa jadi ujungnya adalah seperti ini karena rasa ujub dalam diri.

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata: Sebagian ulama salaf, di antaranya Sa’id bin Jubair berkata, “Sesungguhnya ada seorang hamba yang beramal kebaikan malah ia masuk neraka. Sebaliknya ada pula yang beramal kejelekan malah ia masuk surga.

Yang beramal kebaikan tersebut, ia merasa ujub (bangga dengan amalnya), lantas ia pun berbangga diri, itulah yang mengakibatkan ia masuk neraka. Ada pula yang beramal kejelekan, namun ia senantiasa takut (akan adzab Allah) dan ia iringi dengan taubat, itulah yang membuatnya masuk surga. []

Sumber: Rumaysho.com


Artikel Terkait :

About Hida

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *