kekeliruan albert einstein
Foto : bigthink.com

Orang yang Memiliki IQ Tinggi, Berisiko Terkena Gangguan Mental!

Orang selalu berpendapat positif selalu jika memiliki IQ tinggi, orang yang memiliki IQ tinggi pun selalu dibanggakan, karena kecerdasannya tinggi.

Bukan hanya di dunia nyata di dunia fiksi pun mungkin sudah tak terhitung jumlahnya film dan novel yang menceritakan sosok cerdas.

Jika mengamati sosok dengan kecerdasan intelektual (IQ) tinggi, mereka biasanya mengalami masalah kejiwaan. Seperti Sherlock Holmes, orang yang terkenal kecerdasan tingginya yang mampu memecahkan kasus.

Namun di sisi lain, ia justru mengalami masalah dengan kecanduan dan disebut sebagai sosiopat (mengidap perasaan selalu bersalah). Demikian juga dengan Tony Stark, meskipun memiliki kecerdasannya tinggi tapi ia mengalami masalah masalah depresi yang sangat parah.Tak banyak yang tahu memang tentang hal ini.

Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa orang dengan IQ tinggi memang berisiko tinggi terkena penyakit kejiwaan dibanding orang dengan kecerdasan rata-rata.

Studi yang dipublikasikan dalam Science Direct itu meneliti anggota Mensa dengan skor IQ di atas 130. Hasilnya, mereka dengan IQ tinggi sangat rentan terkena kelainan psikis dan penyakit psikologi.

Studi tersebut menemukan bahwa gangguan kecemasan sangat umum terjadi di antara 3.715 anggota Mensa yang mereka survei. Dari jumlah tersebut, 20 persen memiliki gangguan kecemasan yang didiagnosis, jauh lebih tinggi daripada populasi umum, dimana lebih dari 10 persen didiagnosis menderita gangguan kecemasan.

Rangsangan kecil, seperti label pakaian yang bergesekan dengan badan atau suara aneh bahkan bisa “memicu respons stres kronis tingkat rendah yang kemudian mengaktifkan respons hiper tubuh,” Dr. Nicole Tetreault, salah satu penulis studi tersebut.

Para penulis menekankan bahwa penelitian mereka menunjukkan korelasi dan bukan sebab akibat, dan meminta penyelidikan lebih lanjut, dan lebih fokus pada kesehatan mental orang dengan tingkat kecerdasan tinggi. []

Sumber : Brilio.net


Artikel Terkait :

About Nuryani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *