aris wahyudi, Aris Wahyudi sakit jiwa
Foto: Kumparan.com

Owner NikahSirri.com Terinspirasi dari Lelang Keperawanan di Rumania

Situs web NikahSirri.com kini menjadi cibiran publik, ternyata pembuatnya terinspirasi dari kisah seorang gadis di Rumania.

Berawal pada Maret 2017 lalu, saat muncul kisah seorang gadis bernama Aleexandra Khefren asal Rumania yang menjual keperawanannya kepada pebisnis Hong Kong seharga 2 juta pound sterling atau apabila dirupiahkan setara Rp 36 miliar. Khefren sendiri mengumumkan bahwa ia berhasil melakukan hubungan badan dengan pengusaha itu berkat jasa penghubung Cinderella Escort, situs web asal Jerman. Situs itu kemudian menerima komisi sebesar 20 persen dari seluruh transaksi itu.

Media massa Eropa ramai mengangkat kisah ini. Aris Wahyudi juga lantas turut terinspirasi dalam menyediakan layanan NikahSirri.com. Rupanya ini adalah program pengentasan kemiskinan ormas bernama Partai Ponsel didirikan Aris.

Menurut Aris, Khefren merasa rugi apabila keperawanannya diberikan kepada pacarnya sendiri, maka dari itu dia memutuskan akan menjualnya kepada seorang pengusaha kaya.

“Itu kalau dikurskan, mencapai Rp 33 miliar. Sampai bisa belikan orang tuanya rumah, bisa biayai kuliah. Itu kan pengentasan kemiskinan, daripada orangnya miskin, gak punya rumah,” ujar Aris saat ditemui di rumahnya di Jatiasih, Bekasi, seperti dilansir kumparan.com, Sabtu (23/9/2017).

NikahSirri.com buatan Aris ini pada awalnya ingin dibuat sebagai media sosial online dating yang memfasilitasi pertemuan orang-orang dengan keinginan yang sama. Dia mengakui istilah-istilah lelang keperawanan atau keperjakaan, dan kawin kontrak yang kemudian menuai kritik, semata adalah bahasa pemasaran agar menarik perhatian.

Foto: kumparan.com

Nama yang dipakai untuk organisasi masyarakat Partai Ponsel yang baru diumumkan pada 19 September lalu, disebut Aris juga bukan partai politik sungguhan.

“Sebenarnya partai kita hanya partai menyuarakan saja seperti ormas, dan kita punya program NikahSirri.com, sebuah ide dari kita untuk pengentasan kemiskinan tadi,” jelasnya.

Dalam menggarap situs web ini, Aris berkata ia memiliki tim sebanyak 7 orang yang termasuk ahli pemrograman. Sampai saat ini mereka telah menerima 300 email dari para pengunjung situs web, tetapi Aris belum merinci lebih lanjut apa isi email tersebut.

Diketahui, situs NikahSirri.com mengizinkan siapa saja untuk bergabung dalam ekosistem layanan tersebut. Bisa sebagai klien yang berminat untuk dinikahkan, bisa sebagai penghulu, dan bisa juga sebagai saksi. Atau, tidak menutup kemungkinan email itu berasal dari orang yang sekadar iseng bertanya.

Dia menyadari NikahSirri.com saat ini sedang viral dibicarakan orang, dan itu disebabkan karena layanan yang ditawarkan bertolak belakang dengan budaya timur. Tetapi, dia juga tak selamanya setuju dengan ini karena menurutnya, budaya demikian juga ada di Indonesia.

“Kalau bicara budaya timur, justru kita mengangkat ketimuran yg pernah ada. Di daerah jawa ada budaya buka kelambu, itu juga sebenernya lelang juga yang kemudian diangkat dalam novel oleh Pak Ahmad Tohari yang judulnya Ronggeng Dukuh Paruh. Kemudian difilmkan dengan judul Sang Penari. Nah itu sebetulnya budaya kita ada juga yg seperti itu. Kita angkat kembali itu, karena budaya itu sebenarnya ada atau bahkan diterapkan diam diam. Lalu ketika diangkat kembali jadi viral,” tuturnya.

Akan Diblokir dan Ditindak Hukum
Layanan yang disediakan oleh Aris ini sedang menjadi perhatian pemerintah, termasuk Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang menanggap layanan ini tak ubahnya kawin kontrak serta mengeksploitasi kaum perempuan dengan modus agama.

Yohana juga menambahkan, program di NikahSirri.com sudah merendahkan harkat martabat perempuan sebagai manusia.

Manusia bukan objek untuk dilelang. Kaum perempuan akan sangat dirugikan dalam lelang keperawanan.

Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika, telah melakukan pemblokiran situs NikahSirri.com setelah mendapat keluhan dari sejumlah warga.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, KH Asrorun Niam, adalah satu dari sekian orang yang menentang adanya NikahSirri.com. Ia mengatakan pernikahan bertujuan untuk membangun keluarga yang penuh kedamaian dan sakinah. Menurut Niam hal semacam ini akan sulit diraih jika direncanakan untuk sementara waktu. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *