Unik, Informatif , Inspiratif

Pacaran Islami

0

Dewasa ini banyak anak muda yang menjalankan suatu hubungan dengan non muhrim atas alasan “Pacaran Syar’i”. Kebanyakan memandang bahwa hubungan keduanya tidak dilandasi dengan pacaran “Ala Barat”. Yang sering digaungkan mereka adalah tidak adanya nafsu ketika menjalankan hubungan, melainkan saling selalu mengingatkan dalam kebaikan.

Mereka berdalih bahwa hubungan yang mereka jalani adalah “Pacaran Islami” atau “Pacaran Syar’i.” Apakah dalam Islam ada istilah Pacaran Syar’i? Kutipan ayat berikut, nyatanya akan menjawab pertanyaan tersebut.

Allah SWT berfirman, “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat”. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya.” (QS. An Nur: 30-31).

BACA JUGA: Dosakah Tidak Tepati Janji Menikahi?

Masih “keukeuh” kalo “Pacaran Syar’i” itu memang sesuatu hal yang dibolehkan? Beberapa hadist berikut akan memperjelas tentang etika hubungan seorang laki-laki dengan perempuan.

Nabi SAW bersabda, “Tidak boleh seorang laki-laki berduaan dengan perempuan kecuali dengan ditemani mahramnya” (HR. Bukhari dan Muslim ).

Rasulullah SAW bersabda: “Seorang wanita tidak boleh bersafar tiga hari kecuali bersama mahramnya,” (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA: Apa itu Nikah Siri? Ketahui Empat Macam Pernikahan Lainnya

Berdasarkan dalil dan hadist tersebut, jelaslah bahwa tak ada yang namanya “Pacaran Syar’i” dalam Islam. Tentu yang ada hanyalah “Pacaran Sesudah Menikah”. Apapun namanya “Pacaran Syar’i” atau “Adek Kakak-an” selain ikatan pernikahan, hal tersebut tak ada dalam Islam. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.