baju baru
baju baru (foto: stitchlabs)

Pakai yang Baru atau Lama? Ini Doa Memakai Baju di Hari Raya Idul Fitri

Baju baru Alhamdulillah, tuk dipakai di Hari Raya. Tak punya pun tak apa-apa, masih ada baju yang lama. Yap! Hari Raya di Indonesia selalu identik dengan baju baru. Meski tidak semua menafsirkannya begitu, namun bagi sebagian orang Lebaran adalah momen untuk memiliki baju baru. Nah, agar baju yang kita pakai semakin berkah bacalah doa memakai baju di Hari Raya Idul Fitri ini.

Eits, sebelumnya kita jangan lupakan makna sesungguhnya dari pakaian seorang Muslim. Pakaian baru atau lama tentunya haruslah memperhatikan ketentuan yang lebih utama, yaitu memenuhi standar Muslim untuk menutup aurat. Bukan mementingkan style yang berkembang.

BACA JUGA: Ingin Baju Selalu Terlihat Seperti Baru? Lakukanlah 4 Hal Ini!

“Hai anak Adam, sesungguhnya kami telah menurunkan kepada kalian pakaian untuk menutupi aurat kalian dan pakaian yang indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang terbaik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raf 26).

1.Doa ketika memakai pakaian baru

Alloohumma Lakal Hamdu Anta Kasautaniih, As-Aluka Min Khoiri Wa Khoiri Maa Huwa Lah. Wa’a-Uudzubika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lah

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Artinya : “Ya Allah segala puji bagimu yang telah memberikan pakaian ini , sesungguhnya aku memohon kepadaMu dari kebaikan pakaian ini dari kebaikan yang dibuat untuknya. Dan aku berlindung kepadaMu dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang dipakai ini dibuat untuknya.”

BACA JUGA: Doa Sebelum Salam ketika Shalat

2.Doa ketika memakai pakaian lama

Alhamdulillaahil Ladzii Kasaanii Haadzaa Wa Rozaqonihii Min Ghoiri Haulin Minnii Walaa Quwwah

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى كَسَانِى هَذَا وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّ

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang memberi pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa ada daya dan kekuatan dariku.” []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

ibadah hari raya idul adha

Fikih seputar Lebaran, dari Malam Takbiran hingga Shalat Ied

Fikih Lebaran di sini maksudnya adalah sejumlah hukum syara’ yang terkait dengan hari raya Idul Fitri, baik sebelum, pada saat, maupun sesudah shalat Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *