Foto: Idokaba.net

Pakaian Bisa Bersih Sendiri, Memangnya Ada?

Foto: Idokaba.net

INSPIRADATA. Seperti di dunia khhayalan saja, memiliki pakaian yang bisa bersih dengan sendirinya. Tapi, kini hal tersebut bukanlah mimpi lagi.

Ilmuwan asal Cina berhasil membuat pakaian ynag bisa bersih sendirinya, Mingce yang berasal dari Universitas Shanghai Jiao Tong, dibantu oleh Deyong Wu yang berasal dari Universitas Hubei.

Kedua ilmuwan jenius ini menggunakan lapisan titanium dioksida sebagai rahasianya. Zat ini, seringkali ditemukan pada produk-produk pembersih, tabir surya dan juga cat tembok.

Mingce Long dan Deyong Wu memilih zat ini karena mempunyai kemampuan menghancurkan kotoran dan membunuh mikroba ketika terkena sinar ultraviolet.

Untuk pembuatannya, mereka mencampurkan titanium dioksida, nitrogen, dan perak iodida agar pakaian bisa lebih terang ketika terkena sinar matahari. Kemudian, hasil campuran beberapa zat tersebut akan diubah menjadi nanopartikel berbentuk cair.

Lalu, nanopartikel itulah yang digunakan sebagai lapisan di pakaian tersebut. Meskipun penelitian ini sudah terlaksana dan berhasil saat dicoba, hingga saat ini rencana untuk memproduksi pakaian tersebut secara massal masih belum terwujud. []

Sumber: Jalan Tikus


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *