swafoto
swafoto (foto: republika)

Pameran di Inggris Ubah Karya Swafoto Jadi Seni Luar Biasa

swafoto
swafoto (foto: republika)

INSPIRADATA. Mengusung tajuk “From Selfie to Self-Expression”, Pameran di Saatchi Gallery, London, Inggris mengubah ratusan hasil selfie atau swafoto menjadi karya seni yang luar biasa.

Seperti dilansir Reuters, pameran tersebut membandingkan dan memadukan foto dari zaman lawas dengan swafoto modern di era digital. Salah satunya, terdapat lusinan lukisan diri Rembrandt, seniman Belanda dari abad ke-17, yang dihadirkan dalam layar digital sehingga pengunjung bisa memberi “love” dan “like” ala media sosial.

Tontonan yang akan berlangsung hingga akhir Mei 2017 itu, juga memuat swafoto unik dan yang berasal dari sejumlah figur publik. Beberapa di antaranya adalah swafoto pemain sepak bola David Beckham, bintang tayangan realitas Kim Kardashian, bahkan swafoto hewan pertama yang dipotret sendiri oleh seekor monyet.

BACA JUGA
Lagi-lagi Karena Selfie, Dua Orang Remaja Tewas Tersapu Pesawat
Swafoto dengan Orang yang Sudah Meninggal? Aplikasi Ini Bisa…

Pejabat eksekutif Saatchi Gallery Nigel Hurst mengatakan, praktik swafoto tak bisa dihindarkan, bahkan kata “selfie” telah masuk dalam Kamus Bahasa Inggris Oxford pada 2013. Swafoto lazim dilakukan di mana-mana oleh kalangan manapun, rakyat jelata hingga pimpinan negara.

Menilik sejarah, menurut ia ada perbedaan antara foto diri di masa silam dengan swafoto kekinian. Pada era saat ini, swafoto cenderung menampilkan bagaimana seseorang ingin dilihat dunia, bukan bagaimana dan siapa orang tersebut sesungguhnya. “Bukan kebetulan banyak orang memotret diri di sejumlah lokasi liburan eksotis, swafoto bukan tentang membagikan sisi kemanusiaan kita tetapi membagikan versi identitas tertentu yang kita ingin dipercaya orang lain,” tutur Hurst.

Kritik lain soal swafoto dihadirkan lewat karya instalasi seniman Meksiko Rafael Lozano-Hemmer bersama seniman Polandia Krzysztof Wodiczko dari 12 kamera pengintai. Menurut mereka, ada sisi lain swafoto yang membuka identitas baik-buruk seseorang, mengarah pada ketiadaan privasi. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *