Unik, Informatif , Inspiratif

Panggil Guru dan Murid Terkait Bully, Ini Imbauan Bupati Kendal

0 1.992

Bupati Kendal Mirna Anissa mendatangi SMK 3 NU Kaliwungu. Dia memanggil guru Joko Susilo dan lima murid, untuk mengklarifikasi terkait kejadian bully yang tengah viral di media sosial.

Ia pun meminta sekolah berikan sanksi apabila perbuatan tak beretika diulangi lagi.

“Ya tadi sudah saya klarifikasi lima murid sama gurunya. Intinya kalau murid mengulangi perbuatan tidak menghargai guru kami minta dari yayasan untuk sanksi tegas,” kata Bupati Kendal Mirna Anissa, Senin (12/11/2018).

BACA JUGA: Bupati Kendal Turun Omeli Siswa Pelaku Bully Guru

Dari keterangan guru, Joko Susilo bahwa saat mengajar dinilai sangat sabar. Bahkan saking sabarnya, guru itu justru mendapat perlakuan berlebihan pada muridnya.

“Tapi kesantaian dianggap berbeda oleh murid. Mereka menganggap kesantaian itu bentuk bercandaan oleh muridnya hingga kelewatan batas,” ujarnya.

Ubah pola pengajaran guru

Mirna juga meminta kepada guru pengampu mata pelajaran, Joko Susilo untuk mengubah pola pengajaran. Ia tidak mempermasalahkan perilaku guru mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif itu yang gemar bercanda dengan siswa, tapi harus ada batasan.

“Guru juga harus mengubah etikanya saat mengajar. Bercanda, tapi jangan kebablasan kalau sampai melecehkan jelas enggak pantas. Saya lihat itu sudah tidak wajar,” imbuhnya.

Mirna juga menyatakan akan memperketat pengawasan terhadap institusi pendidikan di wilayahnya. Setiap sekolah, terutama yang kerap dilaporkan bermasalah, harus memberikan laporan kegiatan belajar mengajar di lingkungan pendidikannya kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal setiap hari.

BACA JUGA: Kasus Perisakan Guru, Ini Kata KPAI

“Saya akan tingkatkan pengawasan, terutama terkait kedisiplinan. Saya juga minta tadi ke sekolah agar siswa dilarang menggunakan handphone saat jam pelajaran. Memang belajar harus rileks, tapi kedisiplinan harus tetap dijaga,” imbuhnya.

Dalam rekaman video yang sempat menjadi viral di media sosial itu, Joko Susilo tampak dikepung para siswa. Joko kemudian memberikan perlawanan hingga sepatunya terlepas. []

SUMBER: MERDEKA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline