Upacara HUT RI, Panjat Tiang, Bocah SMP Ini Selamatkan Upacara HUT RI di Perbatasan Timor Leste
Unik, Informatif , Inspiratif

Panjat Tiang, Bocah SMP Ini Selamatkan Upacara HUT RI di Perbatasan Timor Leste

0

Sebuah Video yang memperlihatkan aksi seorang pelajar SMP di perbatasan RI-Timor Leste memanjat tiang bendera saat berlangsung upacara bendera HUT ke-73 RI pada Jumat (17/8/2018) pagi menjadi viral.

BACA JUGA: Inilah Pengibaran Pertama Bendera Merah Putih

Upacara bendera tersebut berlangsung di Pantai Motaain Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bocah tersebut diketahui bernama Yohanes Andigala, pelajar kelas 1 SMP Negeri Silawan.

Yohanes memanjat tiang bendera itu setelah tali yang akan digunakan untuk mengikat bendera terlepas dan tersangkut di ujung tiang bendera.

“Ya memang benar pelajar SMP tadi memanjat tiang bendera untuk memperbaiki tali yang terlepas. Namanya anak itu Yohanes. Tadi saat upacara, saya yang menjadi inspektur upacara,” kata Wakil Bupati Belu, JT Ose Luan, pada Jumat (17/8/2018) siang lansir Kompas.

Atas aksi heroik Yohanes, lanjut Luan, setelah upacara bendera selesai dia pun memanggil Yohanes untuk berdiri di atas podium di sampingnya.

“Saya bangga dengan perjuangan dia (Yohanes) memanjat tiang bendera. Saya katakan ke dia bahwa perjuangan para pahlawan dulu untuk memperjuangan negara ini begitu besar,” tuturnya.

Luan pun mengapresiasi tindakan Yohanes dan berencana akan memberikan hadiah untuk Yohanes.

Salah masukkan tali

Menurut Luan, terlepasnya tadi bendera tersebut, akibat kesalahan salah seorang anggota Paskibraka yang salah memasukan tali pada bendera tersebut.

Pada saat tali terlepas, dua anggota Paskibraka tetap mengibarkan bendera dan para peserta tetap memberikan penghormatan dan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”.

Setelah tali yang tersangkut di ujung tiang bendera berhasil dilepas oleh Yohanes, bendera kemudian berhasil dipasang kembali.

 

Bendera lalu dikibarkan oleh tiga orang anggota paskibraka, tanpa menyanyikan lagu “Indonesia Raya”.

“Anak ini bagi saya adalah pahlawan kita hari ini, karena telah menyelamatkan keadaan,” ucapnya.

Dalam upacara itu kata Luan, para peserta berasal dari Kementerian Luar Negeri, TNI, Kepolisian, Pemda Belu, Kecamatan dan para pelajar di Kecamatan Tasifeto Timur.

Pada video berdurasi 1 menit 59 detik yang diperoleh Kompas.com, terlihat Yohanes sempat berhenti saat sudah berada di tengah tiang.

Sempat terdengar ada permintaan melalui pengeras suara agar Yohanes segera turun. Namun, Yohanes tetap memanjat, hingga akhirnya tiba di puncak dan berhasil membawa turun ujung tali.

BACA JUGA: Jangan Lupakan Sejarah Paskibraka!

Riuh tepuk tangan pun mengalun saat bendera berada di ujung tiang bendera. Pun saat Yohanes turun dari tiang bendera, terdengar tepuk tangan yang meriah.[]

SUMBER: KOMPAS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.