Foto: DompetDhuafa

Pantang Mengemis, Ini Prinsip Engkong Maroh Penjual Pisang

Foto: DompetDhuafa

INSPIRADATA. Engkong Maroh, 73, terus berjuang di masa rentanya. Ia berkebun guna mengarungi lautan hidup.

Ia menggarap kebun kosong di samping rumahnya di Kampung Serua Bulak RT 01 RW 03, Pondok Petir, Sawangan, Depok, Jawa Barat.

“Itu (kebun) udah lama engkong yang garap dan kebun itu punya orang Jakarta. Kalau sudah panen, engkong setor,” ujar Engkong Maroh

Rezeki dari berkebun itu menjadi sumber pendapatan Engkong Maroh untuk menghidupi sang istri. Selain itu ia juga membantu menafkahi anak dan cucu-cucunya. Tiap kali pisang berbuah dan matang, ia akan menjajakan di dekat pasar.Namun, dia tidak pernah lupa memenuhi hak pemilik kebun.

Memiliki sifat selalu merasa cukup, adil, dan selalu bersyukur menjadi kunci terpeliharanya kesehatan Engkong Maroh. Sifat ini selalu ia tularkan kepada orang lain yang berkunjung ke rumahnya, sembari terus berpesan agar tidak meninggalkan sholat.

Hal ini diamini oleh sang istri, Sopiah, 69 tahun. Selama 30 tahun lebih mendampingi sang suami, tidak pernah dia mendengar keluhan dari bibir Engkong Maroh.

Kondisi ekonomi sederhana, tidak membuat Engkong Maroh menyerah. Pria renta ini tidak suka mengharapkan belas kasihan orang lain.

“Si Engkong mah begitu. Dia nggak betah diam. Si Imah (anak) udah sering bilang supaya Engkong istirahat aja, tapi si Engkong nggak mau,” kata Sopiah.

Sang istri menceritakan salah satu pengalamannya, saat mendapat pemberian dari orang lain. Waktu itu engkong sedang berdagang pisang di pasar. Secara halus, dia tolak pemberian itu. Bagi Engkong Maroh, lebih baik dagangannya tidak laku ketimbang harus menerima belas kasihan orang lain.[]

Sumber: dompetdhuafa


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *