Unik, Informatif , Inspiratif

Panti Jompo, Bagaimana Menurut Islam? (1)

0 33

Dampak Globalisasi antara lain semakin mudahnya akulturasi budaya terjadi. Sehingga nila-naila lokal, agamis, bisa mudahnya luntur oleh arus budaya global.

Barat yang memiliki konsep jaminan sosial oleh pemerintah, sudah biasa memfasilitasi jompo untuk orang tua. Namun tidak demikian dengan negara-negara islam. Konsep rumah jompo masih mengundang polemik.

Seperti juga di Qatar yang dikepalai oleh Emir Hamad bin Khalifah at-Thani, keberadaan panti jompo mengundang respons yang beragam. Mayoritas pendapat menolak optimalisasi panti tersebut.

BACA JUGA: Tempati Rumah Sepasang Kakek dan Nenek Jompo, Inilah Posko FPI di Pidie Jaya

Cendekiawan Muslim, Syekh Ali bin Salim bin Bathi, mengemukakan, para ulama sepakat tak boleh mengandalkan panti.

Tak ada pembenaran untuk mendorong optimalisasi panti jompo. Keberadaan jompo akan menjadi katalis bagi sikap durhaka anak. Karena seharusnya anak dan keluarga lebih peduli terhadap orang tua yang berjasa membesarkan mereka.

Menurut pakar fikih di Kementerian Wakaf Qatar, Syekh Abdullah al-Faqih, mendirikan panti jompo hukumnya fardhu kifayah, kewajiban itu gugur selama terpenuhi oleh pihak tertentu, pemerintah, misalnya.

Keberadaan Jompo bisa menjadi wajib pada kondisi tertentu. Hal ini disebabkan adanya orang tua yang terlantar karena tak punya anak atau sanak saudara.
Namun, menurut Syekh Abdullah al-Faqih, dalam situs Alarab itu menegaskan akan sangat tidak etis dan tercela bila seorang anak atau keluarga “membuang” orang tua ataupun kerabatnya yang telah uzur usia ke panti-penti penampungan tertentu.

Padahal, keluarga yang bersangkutan sanggup mengurusnya. Menurutnya ini tidak manusiawi.

BACA JUGA :Dipisahkan di Panti Jompo Berbeda, Pasangan Lansia Ini Harus Tempuh Jarak 45 Menit untuk Bertemu Setiap Hari

Perlu diingat bahwa Islam sangat menekankan pentingnya perlakuan baik terhadap kedua orang tua atau kerabat pada usia senja.

Sebagai umat islam, kita bisa mengingat surah al-Israa’ ayat 23, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.”
Di dalam surat itu kita akan lebih yakin, bahwa Allah telah mengatur segala hal, termasuk urusan mengurus orang tua. []

BERSAMBUNG | SUMBER: REPUBLIKA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline