Unik, Informatif , Inspiratif

Panti Jompo, Bagaimana Menurut Islam? (2-Habis)

0 43

 

Mengingat populasi lanjut usia (lansia) yang terus meningkat, maka penanganan lansia sejatinya menjadi serius. Mengingat, bagaimanapun mereka adalah masyarakat yang pernah turut serta membangun negri pada masanya, masa usia produktif mereka.

Perhatian pemerintah terhadap nasib mereka patut diancungi jempol, tapi dibalik itu, di negeri timur tengah, hal ini masih menjadi kontroversi.

Persoalan penempatan orang tua di panti jompo ini sebenarnya pernah pula mengemuka pada sidang ke-12 Komite Fikih Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang berlangsung di Riyad, Arab Saudi, pada 2000.

BACA JUGA: Panti Jompo, Bagaimana Menurut Islam? (1)

Organisasi yang kini dipimpin oleh Ekmeleddin Ihsanoglu itu menetapkan sejumlah keputusan sekaligus rekomendasi penting terkait bagaimana memperlakukan orang tua lanjut usia.

Organisasi yang beranggotakan 57 negara Muslim atau berpopulasi mayoritas Islam itu mengeluarkan penegasan bahwa kewajiban anak adalah mengurus kedua orang tua hingga akhir hayat. Ini merupakan wujud pengabdian dan terima kasih terhadap jasa tak ternilai mereka.

Al israa 70, menjelaskan bahwa tiap manusia berhak atas perlakuan yang bermartabat dan terhormat. “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam.” Jelaslah, bahwa seorang manusia dimuliakan olehNYA.

Bagaimana kita memperlakukan orang tua juga dijelaskan dalam Al israa ayat 23: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.”

BACA JUGA:Kisah Nenek Maimun, Terlantar Setelah Ditolak Pihak Keluarga Sendiri

Menurut OKI, tempat yang paling pantas untuk merawat orang tua pada usia senja mereka adalah keluarga. Orang tua yang berada dalam keluarga, akan merasa aman, hangat, dan bahagia.

Namun, jika tak memungkinkan mengurus orang tua di rumah karena alasan yang sah menurut syariat, seperti sikap kasar atau durhaka sang anak, atau kemiskinan akut yang dialami anak, maka boleh menitipkan orang tua ke panti jompo.

Jadi keberadaan panti Jompo tetap dirasa perlu, untuk mengantisipasi adanya orang tua yang terlantar. []

HABIS | SUMBER: REPUBLIKA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline