Unik, Informatif , Inspiratif

Para Biksu di Myanmar Pimpin Demo Tolak Muslim Rohingya

0 831

Beberapa biksu Buddha di Myanmar memimpin demonstrasi di ibukota negara bagian Sittwe dari ratusan orang untuk menolak pemulangan Muslim Rohingya dari Bangladesh.

Sambil memegang spanduk merah, mereka meneriakkan slogan-slogan dan menyebut Muslim Rohingya sebagai “pengungsi yang melarikan diri”.

BACA JUGA: Pengungsi Rohingya Tolak Kembali ke Bangladesh dan Myanmar Jika tanpa Jaminan Keamanan

“Semua orang bangsa bertanggung jawab melindungi keamanan negara,” kata seorang biksu, menurut Facebook live streaming dari protes tersebut.

“Tidak akan ada manfaat bagi kami atau negara kami jika kami menerima orang Bengali,” tambahnya.

Bengali adalah istilah yang digunakan untuk merendahkan Rohingya yang menyiratkan bahwa mereka adalah pendatang baru dari Bangladesh.

Demonstrasi ini dilakukan 10 hari setelah Bangladesh dan Myanmar seharusnya secara resmi mulai memulangkan minoritas Rohingya yang melarikan diri dari operasi militer pada Agustus 2017.

BACA JUGA: 6 Jenderal Disebut Paling Bertanggung Jawab dalam Pelanggaran HAM di Rohingya

Peneliti PBB telah meminta agar petinggi Myanmar dituntut atas tuduhan genosida di Pengadilan Kriminal Internasional atau pengadilan ad-hoc.

Demonstrasi terhadap Rohingya tidak jarang terjadi di Sittwe, di mana kekerasan antarkomunitas terjadi pada 2012, menewaskan ratusan orang dan mengirim lebih dari 120.000 Rohingya ke kamp-kamp pengungsi internal yang terjadi hingga hari ini. []

SUMBER: ANADOLU

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline