Unik, Informatif , Inspiratif

Para Pelayan Penduduk Surga, Muda dan Rupawan

0

Dalam sejumlah riwayat, diterangkan bahwa para penduduk surga akan dilayani oleh anak-anak muda yang diciptakan Allah untuk melayani mereka. Anak-anak muda ini sangat tampan dan sempurna.

Allah subhanahu wa ta’la berfirman,

يَطُوْفُ عَلَيْهِمْ وِلْدَانٌ مُّخَلَّدُوْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَّعِيْنٍ. لَايُصَدَّعُوْنَ عَنْهَا وَلَايُنْزِفُوْنَ. (الواقعة: 17-18)

“Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda. Dengan membawa gelas, cerek dan minuman yang diambil dari air yang mengalir.” (QS. al-Waqi’ah: 17-18)

BACA JUGA: Eloknya Rupa para Penduduk Surga, Rata-Rata Berusia 33 Tahun

Pada ayat yang lain, Allah berfirman,

(وَيَطُوْفُ عَلَيْهِمْ وِلْدَانٌ مَّخَلَّدُوْنَ إِذَا رَأَيْتَهُمْ حَسِبْتَهُمْ لُؤْلُؤًا مَّنْثُوْرًا. (الإنسان: 19

“Dan mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda. Apabila kamu melihat mereka, kamu akan mengira mereka, mutiara yang bertaburan.” (QS. al-Insan: 19)

Ibnu Katsir r.a. mengatakan, “Para penduduk surga dikelilingi, untuk memberi pelayanan, oleh anak-anak muda dari penghuni surga (yang abadi). Mereka abadi dalam satu keadaan, tidak pernah berubah dan umur mereka tidak pernah bertambah dari umur tersebut.”

Sedangkan mereka yang menafsiri bahwa anak-anak muda itu mengenakan anting-anting di telinga maka ia hanya mengungkapkan makna, karena anak kecillah yang pantas mengenakan seperti itu, tidak untuk orang dewasa.

Firman Allah:

(إِذَا رَأَيْتَهُمْ حَسِبْتَهُمْ لُؤْلُؤًا مَّنْثُوْرًا. (الإنسان: 19

“Apabila kamu melihat mereka, kamu akan mengira mereka mutiara yang bertaburan.” (QS. al-Insan: 19)

Artinya adalah jika engkau melihat mereka bertebaran untuk memenuhi kebutuhan para tuan, bagaimana banyaknya jumlah mereka, kesumringahan wajah mereka, serta indahnya warna kulit, pakaian dan perhiasan mereka, maka engkau akan mengira bahwa mereka adalah mutiara yang bertaburan. Tidak ada tasybih yang lebih indah daripada tasybih ini. Tidak ada pemandangan yang lebih indah daripada mutiara yang bertaburan di tempat yang indah. (Tafsir Ibnu Katsir, 7/184)

Ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa anak-anak muda itulah mereka yang mati ketika masih anak-anak, baik anak-anak orang beriman maupun orang-orang muysrik.

Namun, Ibnu Taimiyah r.a. menolak pendapat ini dan menjelaskan bahwa anak-anak muda yang abadi itu adalah salah satu makhluk surga.

BACA JUGA:  5 Keunggulan Nikmat Surga Dibandingkan dengan Keindahan Dunia

Ia berkata, “Anak-anak muda yang mengelilingi penduduk surga adalah salah satu makhluk surga, bukan anak-anak dunia. Tapi anak-anak penduduk dunia yang masuk surga, maka fisik mereka menjadi sempurna sebagaimana penduduk surga lainnya, dalam rupa bapak mereka, Adam.” (Majmu’ al-Fatawa, 4/279. Lihat: 4/311)

Wallahu a’lam bishawab. []

 

Sumber: Surga dan Neraka | Karya: Dr. Umar Sulaiman al-Asyqar | Diterjemahkan oleh: Kaserun AS. Rahman


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.